Palinggam Dayung Festival II Dimulai

Walikota Padang saat mebuka Festival Palinggam. (humas)
Walikota Padang saat mebuka Festival Palinggam. (humas)

PADANG – Palinggam Dayung Festival (PDF) II 2016 akhirnya ditabuh. Olahraga tradisi anak Palinggam ini dibuka Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah, Kamis (1/12).

PDF II 2016 berlangsung mulai 1 – 4 Desember. Meski hanya digelar selama empat hari, akan tetapi animo peserta cukup tinggi. Dipastikan helat ini akan dijubeli pengunjung.

Mahyeldi saat membuka PDF II 2016 ini mengatakan dengan terlaksananya kegiatan ini akan membangkitkan budaya anak nagari. Selain itu, PDF II akan menjadi momen untuk membangkitkan potensi yang ada di Palinggam secara keseluruhan.

“Lewat Dayung Palinggam ini kita bisa membangkitkan dan menampilkan banyak hal,” sebut Mahyeldi.

Mahyeldi juga menyinggung semangat yang muncul di setiap pelaksanaan PDF. Dengan adanya PDF, semangat kebersamaan se-kampung pun muncul. Namun begitu, Walikota Padang berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan bernilai positif.

“Mari kita jaga semangat ini hingga ke hal positif,” ajak Mahyeldi.

Camat Padang Selatan Fuji Astomi menuturkan dengan digelarnya PDF II akan melestarikan budaya lokal. Selain itu, lewat PDF, Kota Padang dikenal luas oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, sebanyak 52 tim ikut bertarung di PDF II,” terangnya.

Tokoh masyarakat setempat Mak Aciak mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Padang yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut. Perhatian pemerintah ini menurutnya telah menghidupkan kembali budaya lokal. “Termasuk mencetak olahragawan dayung yang terus muncul dari sini (Palinggam),” paparnya.(car)