Panampuang dan Koto Tangah Nagari  Hebat di Agam

 

 Foto Potensi alam Kabupaten Agam dimana-mana diakui tida taranya. Potensi itu akan dimanfaat Pemerintahan Daerah Kabupaten Agam menjadi Nagari Hebat. Untuk tahap ini baru dua nagari, Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek dan Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang. Potensi utam masih luasnya lahan sawah seperti gambar ini, padi baru dipenen.(lukman)   Potensi alam di Agam sudah diakui. Potensi itu akan dimanfaatkan Pemkab  menjadi nagari hebat. Baru Panampuang dan Koto Tangah menyandang predikat nagari hebat. Salah satu potensi nagari itu adalah ketahanan pangan. (lukman)
Potensi alam di Agam sudah diakui. Potensi itu akan dimanfaatkan Pemkab menjadi nagari hebat. Baru Panampuang dan Koto Tangah menyandang predikat nagari hebat. Salah satu potensi nagari itu adalah ketahanan pangan. (lukman)

LUBUK BASUNG  – Dua nagari di Agam merupakan nagari hebat. Dua nagari itu, Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, dan Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang. Dua nagari tersebut memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan anak nagari secara luas.

Sekretaris Daerah Agam Martias Wanto, Senin (10/4) menuturkan, semua nagari di Agam memiliki potensi yang aduhai. Hanya saja dua nagari tersebut diprogramkan Bupati Indra Catri sebagai nagari hebat.

Mereka telah memulai kepiawaiannya, pemerintah tinggal memberikan dukungan apa yang belum dimiliki, namun mendukung usaha bagi warga yang punya kemauan untuk meningkatkan perekonomian.

Ketahanan pangan merupakan kekuatan utama. Karena itu program ketahanan pangan diutamakan. Mendukung program ketahanan pangan itu, tidak hanya satu lembaga yang bergokol disana, tapi dikeroyok sesuai bidang dan fungsi masing-masing OPD.

Infrastruktur jalan dan jembatan, sudah jelas yang berperang penting disana adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. Perumahan sudah jelas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.

Begitu juga dengan Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, merupakan OPD terkemuka dengan program ketahanan pangan, mesti memiliki program yang jelas untuk mewujudkan nagari tersebut menjadi nagari hebat. (lukman)