Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Daerah » 50 Kota » Partisipasi Politik Masyarakat Menurun

Partisipasi Politik Masyarakat Menurun

(72 Views) March 27, 2013 10:36 am | Published by | No comment

LIMAPULUH KOTA — Partisipasi politik masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota pada Pemilu sejak beberapa waktu belakangan cenderung menurun. Data diperoleh Singgalang menyebutkan, pada Pemilu Legislatif 2009 di daerah ini jumlah masyarakat yang memberikan hak suaranya tercatat 70,99%. Pada Pemilukada 2010 putaran pertama hanya berkisar 63,73% dan pada putaran kedua tambah anjlok 57,59%.
Menyikapi kenyataan itu Badan Kesbang dan Politik kabupaten setempat menggelar penyuluhan Undang-undang Pemilihan Umum. ‘’Kita sengaja menggelar penyuluhan Undang-undang Pemilu ini dengan harapan adanya peningkatan kesadaran hak, kewajiban, partisipasi politik serta inisiatif masyarakat dalam kehi dupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,’’ ungkap Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Don Adonis, saat membuka acara itu, di aula kantor Camat Guguak di Dangung-Dangung, Senin (25/3).
Dikatakan, masyarakat perlu menda patkan pendidikan politik tersebut. Dengan tingkat partisipasi yang lebih tinggi, diharapkan dapat menghasilkan wakil rakyat yang aspiratif, berkualitas dan bertanggungjawab.
‘’Pada pemilu mendatang pemilih yang tidak terdaftar tetap dapat memilih dengan menunjukan KTP-nya,’’ujar Syahrial.
(502)

Categorised in:

No comment for Partisipasi Politik Masyarakat Menurun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>