Pasar Koto Baru Terbakar, 17 Kios dan 2 Rumah Hangus

 

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

BATUSANGKAR – Si jago merah mengamuk di Pasar Koto Baru. Akibatnya 17 kios dan dua rumah hangus jadi abu. Seorang warga dilarikan ke rumah sakit karena luka bakar. Macet parah pun terjadi di jalur Lintas Sumatera yang menghubungkan Padang Panjang dan Bukittinggi itu.

Api diketahui warga mulai menjalar ke kios-kios dan bangunan rumah penduduk, Senin (31/7) sekira pukul 06.45 WIB. Beberapa saksi mata mengaku, mereka melihat api pertama kali berkobar di sebuah warung bakso Sahabat. Kerugian ditaksir mencapai angka ratusan juta rupiah.

Afrizal (JZ 03 TU) dan Kamba (JZ 03 KKS), relawan pada Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Tanah Datar mengabarkan, Pasar Kotobaru yang merupakan pusat kemacetan akut di jalan nasional tersebut, sejak pagi kemarin ditutup total, kendati pada setiap Senin merupakan hari pasar sayur terbesar di Sumbar itu.

“Jalan raya tak bisa dilewati. Lalu lintas yang hendak menuju Bukittinggi atau sebaliknya dari arah Padang-Padang Panjang, dialihkan ke Malalak. Sementara kendaraan yang terjebak karena tak bisa berbalik arah, terpaksa rela bertahan dalam antrian,” sebut seorang pemuda Kayutanduak yang terlihat memandu kendaraan melewati jalan alternatif via Pandai Sikek.

Data yang diperoleh dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Datar, api berhasil dijinakkan petuhas sekira pukul 07.00 WIB melibatkan sejumlah armada pemadam kebakaran dari Padang Panjang, Agam, Bukittinggi, dan Tanah Datar. (musriadi)