Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Padang » Pasar Pagi Parak Laweh Diperhatikan

Pasar Pagi Parak Laweh Diperhatikan

(96 Views) March 13, 2013 6:25 am | Published by | No comment

PADANG — Wakil Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah tinjau Pasar Pagi Parak Laweh, Lubuk Begalung, baru-baru ini. Pasar tersebut tumbuh dan berkembang dari embrio-embrio para pedagang kecil. Pasar itu harus mendapatkan perhatian khusus.

TINJAU PASAR

Mahyeldi bersama dinas terkait yakni Dinas Pasar, Disperindatamben, Bapadalda, PU, Camat Lubek, Lurah Parak Laweh, RW, RT dan beberapa kepala SKPD, hadir mencarikan solusi agar pasar pagi ini ke depan dapat ditata dengan baik.
“Inilah tugas dari pemerintah untuk memberikan perhatian khusus kepada pedagang,” ujar Mahyeldi.
Dia menyebutkan, tempat ini harus ditata sedemikian rupa sehingga aktivitas ekonomi para pedagang tidak mengganggu ketertiban lalu lintas dan tidak memakan badan jalan untuk berjualan. Katanya, Pemko Padang segera memperbaiki saluran air yang banyak tersumbat. Sebab, selama ini sebentar saja hari hujan, lokasi ini sudah digenangi air dan banjir.
Mahyeldi mengajak masyarakat untuk hidup selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan di sekitarnya. Apalagi, sekarang musim penyakit demam berdarah dengue) (DBD) dan penyakit Hepatitis A. Penyakit ini sangat banyak membawa kematian disebabkan lingkungan yang tak bersih.
“Makanya, tingkatkan rasa kebersamaan dan kerja keras untuk berusaha agar lingkungan tetap bersih dan terjaga. Bila lingkungan tidak terawat dan dibiarkan kotor atau semua warga di sini tidak peduli sama sekali dengan kebersihan, percayalah sumber kamatian disebabkan penyakit akan banyak jatuh menelan korban,” ujarnya.
Mahyeldi menyebutkan, bila diperhatikan di Kota Padang, beberapa sungai besar telah kering, disebabkan bukit dan pohon untuk penampungan sebagai sumber air tidak dapat berfungsi lagi menurut semestinya. Itu disebabkan di hulu sungai, hutan sudah habis ditebang bahkan tempat penampungan air sudah dibangun perumahan. Jadi resapan air tidak ada sama sekali. Bila hari hujan, air langsung mengalir ke sungai dan mengakibatkan banjir.
Dikatakan, untuk melakukan pengijauan kembali, Pemko telah menyediakan berbagai macam bibit tumbuhan, seperti sirsak, sukun, durian, trambesi, pinang dan berbagai jenis pohon pengijauan yang disediakan oleh Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan.
Mengijaukan Kelurahan Parak Laweh Kecamatan Lubuk Begalung, Dinas Pernakhutbun memberikan bantuan bibit sebanyak 350 batang pohon, secara sembolis Wawako menanam pohon sirsak di lokasi gotong-royong bersama warga Komplek Perumahan Jalan Utama Parak Laweh RW 10.
Camat Lubeg, Hendrizal Azhar berterima kasih atas kunjungan dan rombongan subuh mubarakhah dari Pemko itu. “Ini bisa memotivasi warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara bergotong-royong, sesuai juga dengan harapan Kota Padang meraih kembali Piala Adipura,” katanya. (103)

Categorised in:

No comment for Pasar Pagi Parak Laweh Diperhatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>