Pascapembakaran oleh Teroris, Penjagaan Seluruh Mapolres Diperketat

Ilustrasi (antara foto)
Ilustrasi (antara foto)

PADANG – Pascapembakaran Mako Polres Dharmasraya, seluruh Polres di jajaran Polda Sumbar memperketat penjagaan. Begitu juga Polresta Padang, setiap tamu yang masuk diperiksa.

Petugas jaga nanti menanyakan tujuan dan mau kemana tamu tersebut. Apalagi untuk tamu yang membesuk tahanan, setiap barang bawaan diperiksa mengantisipasi hal-hal yang tjdak diinginkan.

Kapolresta Padang, Kombes Chairul Aziz, Senin (13/11) mengatakan selain memperketat setiap tamu yang masuk, pihaknya juga mengintruksikan setiap personel agar terus waspada. Tidak di Mapolres atau Mapolsek saja, tapi juga di lapangan agar selaku sigap mengantisipasi hal yang tidak dinginkan.

Seperti diketahui, saat ini sasaran teroris adalah polisi dan Kapolresta sudah memerintahkan untuk anggota selalu waspada. Sampai saat ini, untuk wilayah di Kota Padang personel Brigader Mobil (Brimob) Polda Sumbar selalu melakukan patroli mendatangi Mapolres dan Mapolsek bahkan kantor pemerintahan.

Dikatakan, untuk personel Brimob yang patroli berjumlah enam orang dengan mengendarai tiga sepeda motor. Ini bertujuan mengantisipasi hal-hal yang buruk.
Saat ini, Kota Padang masih kondusif, yang perlu diantisipasi Polres yang jauh dan berada di wilayah perbatasan, kata Chairul Azis.

Mengantisipasi keberadaan teroris di lingkungan, Chairul Aziz mengatakan pihaknya berupaya mengoptimalkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang tersebar di setiap kelurahan. Selain itu, peran ketua Rukan Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) juga penting untuk mendata pendatang baru. (guspa)