Penanganan Karhutla di Limapuluh Kota Berakhir

Ilustrasi (antara foto)
Ilustrasi (antara foto)

SARILAMAK – Penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Limapuluh Kota, sukses besar. Kamis (13/10) , operasi yang mengandalkan helikopter Kementrian Kehutanan, ini resmi berakhir. Pemkab pun, mereward seluruh pihak dan instansi yang terlibat.

“Alhamdulillah, hari ini terakhir penanganan kebakaran di Limapuluh Kota, setelah empat hari beroperasi. Terimakasih presiden, terimakasih bu menteri,” kata Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, usai terbang memantau titik pasca kebakaran dari atas udara Limapuluh Kota dan Payakumbuh.

Wartawan Singgalang, Muhammad Bayu Vesky, diajak khusus dalam penerbangan ini bersama jajaran BPBD Sumbar, BKSDA Sumbar, BPBD Limapuluh Kota, Polres Limapuluh Kota diwakili Kapolsek Harau dan Kodim 0306/50 Kota diwakili Danramil Harau.

Pilot Helikopter Kapten Rihana kepada Bupati Irfendi menyebut, empat hari beroperasi memadamkan api, pihaknya sudah terbang 60 kali dengan jam terbang, selama 14 jam 10 menit. “Ada 50 ton air yang kita terjunkan dari udara, kini api sudah padam,” kata Rihana. (bayu)