Pendaftaran Komisioner KPU dan Bawaslu Sepi Peminat

 

KPU (net)
KPU (net)

JAKARTA – Pendaftaran sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih sepi peminat menjelang akhir penutupan pendaftaran yang akan berlangsung pada 3 November 2016.

Salah satu anggota Tim Seleksi (Timsel) Komisioner KPU dan Bawaslu, Hamdi Muluk mengimbau kepada putra dan putri terbaik bangsa agar dapat mendaftar dan mengikuti seleksi sebagai penyelenggara Pemilu di Indonesia.

“Memang masih sepi peminat, padahal tanggal 3 November penutupan pendaftaran. Kita berharap kepada media untuk sosialisasikan permasalahan ini. Tolong putra atau putri terbaik bangsa yang punya pengalaman menyelenggarakan Pemilu dapat mendaftarkan diri untuk menegakkan demokrasi kita,” kata Hamdi saat dihubungi Okezone, Senin (31/10/2016).

Hamdi menjelaskan, apabila masyarakat adanya yang berminat mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPU dapat mencari informasinya melalui website resmi di Kemendagri.co.id atau dapat langsung menemui Timsel di Gedung F lantai 3 Kemendagri.

“Karena tantangan menjadi anggota KPU semakin berat. Ini menjadi penting karena penyelenggaraan Pemilu 2019 menjadi serentak. Jadi, kami minta untuk mendaftar bagi putra putri terbaik bangsa yang ingin menjadi anggota KPU dan Bawaslu,” tandasnya.

Sekadar diketahui, pendaftaran telah dimulai 25 September sampai 3 November 2016. Selanjutnya, penelitian administrasi dilakukan selama 7 hari pada 15-22 November 2016. Hasil penelitian administrasi akan diumumkan pada 25 November 2016. Timsel akan meminta masukan dan tanggapan masyarakat terkait rekam jejak pada 25 November hingga 15 Desember 2016.

Nantinya, para calon anggota juga akan melakukan berbagai macam tes, mulai dari tes tertulis dilangsungkan pada 6 Desember 2016. Sedangkan tes kesehatan dan psikologi pada 7-10 Desember 2016. Hasil tes seleksi tahap dua akan diumumkan oleh Timsel pada 16 Desember 2016.

Setelah itu, Timsel kembali mengundang masyarakat untuk meminta tanggapan dan masukan pada 17 Desember hingga 25 Januari 2017. Selanjutnya, Timsel akan kembali melakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan para pendaftar selama dua hari. Yakni, pada 16-17 Januari 2017. Setelah itu, wawancara calon anggota Bawaslu digelar pada 20-21 Januari 2017.

Sementara, wawancara calon anggota KPU akan digelar pada 23-25 Januari 2015. Hasilnya nanti akan diserahkan kepada presiden yang kemudian langsung diserahkan ke DPR untuk dilakukan uji fit and proper test hingga dipilih anggota baru KPU dan Bawaslu.
(lek)

agregasi okezone1