Peneliti Muda Indonesia Gelar Seminar di Unand

Para anggota Formind di sela-sela seminar di Unand (arief pratama)
Para anggota Formind di sela-sela seminar di Unand (arief pratama)

PADANG – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Forum Peneliti Muda Indonesia (Formind) mengadakan seminar III Formind 2016 di Convention Hall Universitas Andalas, Jumat (28/11).

Bertemakan “Simultaneos Spirit For Sustaainable Innovation” seminar ini menghadirkan narasumber Nur Indrawaty Lipoeto dari Universitas Andalas, Ariando Andrivo Rusydi dari National University of Singapore dan Dwi Nita Larasati dari Institut Teknologi Bandung.

“Seminar ini pertama kali digelar pada 2014 di Bandung dan berlanjut 2015 di Yogyakarta. Untuk 2016 ini Universitas Andalas terpilih sebagai tuan rumah seminar ketiga ini,” ujar Ketua Panitia Pelaksana, Fatma Sri Wahyuni.

Fatma menjelaskan, pelaksanaan seminar ini merupakan momentum pendeklarasian Formind kepada akademisi dan masyarakat Indonesia. Diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi para peneliti muda Indonesia untuk selalu eksis dan berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Rektor Universitas Andalas Tafdil Husnil dalam sambutannya mengapresiasi atas terpilihnya Universitas Andalas sebagai penyelengara kegiatan seminar yang diadakan Formind ini.

Seminar yang digelar bertepatan pada peringatan hari sumpah pemuda ini diharapkan dapat memberikan semangat terhadap pemuda, akan pentingnya peranannya terhadap ilmu yang telah dipelajari terutama sains, teknologi dan inovasi.
Ketua Formind, Acep Furqon berharap adanya dukungan dan kontribusi aktif dari pemerintah. “Formind tidak akan sukses tanpa dukungan dari pemerintah pusat, daerah dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Hadirnya Formind di Indonesia diharapkan akan menjadi kebangkitan dan sejarah baru dalam menata dan mengarahkan keinginan para peneliti, untuk memberikan peran dan kontribusi nyata dalam memajukan Indonesia. (arief)