Pengakuan Irman Gusman Soal Dugaan Suap Rp100 Juta

JAKARTA – Pengacara Ketua DPD RI, Irman Gusman, Razman Nasution menyatakan kliennya khilaf saat menerima uang Rp100 juta dari istri Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto, Memi.

“Beliau tidak tahu kalau itu uang, tahunya ada tamu kemudian pulang, diletakkan begitu saja. kemudian datang dari KPK dan kemudian ke kamar dan ternyata barang yang dibawa itu duit. Kalau Pak Irman tahu pasti akan dibawa ke gratifikasi, itu silap,” kata Razman di Gedung KPK Jakarta, Selasa (20/9).

Razman membantah Irman sudah membuat kesepakatan untuk bersedia mengusahakan penambahan kuota gula impor untuk CV Semesta Berjaya, dengan imbalan sejumlah uang per kilogram gula.

“(Pemberian uang untuk) per kilo itu tidak ada, yang ada program bisnis ke depan. Ibu Memi baru beli tanah Pak Irman lalu baru dibayar lunas, sudah dicicil-cicil. Artinya ini mereka sudah lama bekerja sama. Bu Memi baru saja membeli tanah Rp14 miliar dari Irman. Pak Irman tidak membantah itu,” ungkap Razman.

Memi, menurut Razman, adalah pengusaha gula yang ia kenal dan pernah menyampaikan pasokan gula di Sumatera Barat mengalami kekurangan.(aci)

sumber:antara