Penting Keberpihakan Pemerintah dalam Mengembangkan Iklim Kewirausahaan Nasional

Anggota DPR Refrizal saat menjadi pembicara.(*)
Anggota DPR Refrizal saat menjadi pembicara.(*)

JAKARTA – Politisi  PKS, H. Refrizal menyampaikan tentang pentingnya dukungan pemerintah untuk menumbuhkembangkan pelaku usaha, terutama UMKM.

“Belajar dari krisis 1998, ternyata yang menjadi buffer ekonomi kita saat itu adalah pelaku UMKM. Untuk itu keberpihakan kepada UMKM perlu dilakukan. Apalagi disaat sekarang ini, dimana jumlah pengusaha di indonesia masih dibawah 2 persen,” jelas anggota DPR ini dalam seminar tentang UMKM di Auditorium MM UGM Jakarta pada Sabtu (7/10).

Refrizal yang juga merupakan koordinator pengusul RUU Kewirausahaan Nasional juga menyampaikan agar pemerintah lebih aware dengan era disrupsi yang saat ini muncul karena perkembangan teknologi.

Regulator keuangan (BI dan OJK) beberapa waktu lalu melarang izin uang elektronik yang ada di berbagai toko online seperri Bukalapak, Tokopedia dan lainnya.

Isu utama di era disrupsi adalah seringkali regulasi lebih lambat mengikuti perkembangan bisnis yang ada. Bilapun ada, biasanya regulasi yang dibuat memberatkan perkembangan dunia usaha khususnya startup.

Seminar investasi yang diselenggarakan oleh IFIC 2017 dihadiri 300 peserta yang kebanyakan berasal dari kalangan pengusaha muda khususnya para penggiat startup.

Hadir sebagai pembicara seminar antara lain perwakilan dari Bank Indonesia, Hosea Nicky Hogan (Direktur pengembangan bisnis BEI) , Hendi Setiono (Baba Rafi Group), Andreas Senjaya (CEO iGrow Asia), Ashraf Sinclair (Celebrity Investor/500 Startup), M. Solihin Fikri (Head of Community Bukalapak) dan perwakilan Asosiasi BMT se Indonesia. (aci)