Penulis Buku Tan Malaka Pembicara Dialog Kebangsaan di Jakarta

JAKARTA – Doktor Harry A. Poeze, sejarawan Belanda yang juga peneliti dan penulis buku sejarah Tan Malaka, tiba di Jakarta Kamis (15/9).

Harry Poeze yang 30 tahun meneliti sejarah dan perjalanan konseptor Republik Indonesia Tan Malaka itu hadir di Indonesia sebagai pembicara Dialog Kebangsaan tentang Peristiwa Rapat Raksasa 19 September 1945 di Lapangan Ikada Jakarta.

Pembicara lain adalah Zulhasril Nasir, Guru Besar Universitas Indonesia dan Khatibul Umam Wiranu, tokoh muda Nahdlatul Ulama yang juga anggota Komisi VIII DPR RI.

Pendiri Tan Malaka Institute, Ben Ibratama Tanur mengatakan, Dialog Kebangsaan ini adalah yang ketiga kali digelar Tan Malaka Institute pada 2016.

Sebelumnya pada April lalu dengan Pemkab Limapuluha Kota, Tan Malaka Institute juga menggelar acara Dialog Kebangsaan di tanah kelahiran Tan Malaka Pandam Gadang, Suliki, Limapuluh Kota.

“Setelah itu, Tan Malaka Institute Sumbar juga menggelar Dialog Kebangsaan di Kampus Unand Padang,” kata Ben Tanur, seorang jurnalis dan penulis di Jakarta ini. (rel)