Penyebab Gigi Kuning, Mulai dari Obat Kumur sampai Buah Asam

Ilustrasi. (*)

BANYAK alasan yang menyebabkan mengapa gigi Anda berwarna kuning padahal sudah rajin sikat gigi. Gigi kuning bisa menghilangkan kepercayaan diri dan takut untuk diperhatikan oleh orang lain. Penyebabnya bisa dari penggunaan obat kumur yang berlebihan sampai konsumsi makanan yang salah.

Melansir dari Hindustantimes, Senin (15/1/2018), beberapa hal yang Anda lakukan sehari-hari tanpa disadari bisa sebabkan gigi berubah warna menjadi kuning. Untuk menghindari perubahan gigi menjadi simak penjelasan di bawah ini.

Penggunaan obat kumur

D. Rahul Vohra dan Dr. Archa Bhargava mencantumkan sejumlah kesalahan yang membuat gigi berwarna kuning. Ia juga menyatakan bahwa tidak ada salahnya menggunakan obat kumur, namun jangan sampai berlebihan. Penggunaan obat kumur yang berlebihan bisa menyebabkan produksi air liur berkurang.

Air liur terdiri dari mineral, enzim, dan senyawa oksigen yang mempunyai peran sangat penting untuk menjaga tingkat PH yang tepat di dalam mulut. Air liur juga melindungi enamel (lapisan mineral yang berguna melindungi gigi dari pembusukan). Dengan obat kumur asam dengan berlebihan dapat merusak produksi air ludah dan berakhir dengan masalah gigi kuning.

Rutinitas mulut yang buruk

Seringkali, rutinitas higienis mulut yang buruk bisa sebabkan masalah gigi kuning. Menyikat gigi dua kali sekali sangat penting, namun dengan gaya hidup tidak sehat akan tetap memengaruhi. Kebiasaan buruk tersebut antara lain merokok, konsumsi minuman beraroma artificial yang berlebihan. Untuk menghindarinya, kurangi kebiasaan buruk tersebut dan lakukan perawatan gigi ke dokter.

Berurusan dengan buah dan sayuran asam

Mengonsumsi buah sitrus serta minuman berkarbonasi ternyata juga bisa membuat enamel lebih tebal dan mengarah ke gigi kuning. Gigi kuning pada beberapa orang diakibatkan oleh kurangnya perawatan mulut yang tepat setelah mengonsumsi buah dan minuman tersebut. Namun, hal ini bisa diperbaiki dengan cukup mengonsumsi air mineral setelah makan guna membilas mulut dan dikeluarkan secara sehat.

Konsumsi teh dan kopi

Gigi kuning di kalangan pecandu teh dan kopi sudah tidak asing lagi. Gigi kuning disebabkan oleh kandungan zat pewarna utama yang membuat enamel menjadi keropos. Bersihkan gigi secara teratur dan minum menggunakan sedotan bisa menjadi solusi untuk menghindari kontak dengan enamel.

Mengonsumsi permen secara berlebihan

Makanan manis seperti permen dan cokelat sangat berisiko menyebabkan gigi kuning. Permen cenderung meningkatkan keasaman di dalam mulut dan sangat berbahaya untuk email gigi. Untuk menghindarinya, cukup dengan konsumsi air setelah memakan makanan manis. (aci)

Loading...