Berita Singgalang | Cerbung

PERANG PARIAMAN 07

Tanggal 29 May 2012

Penduduk Pariaman yang terkenal berdarah panas itu kali ini dihadapkan pada teror dari pasukan Inggeris yang baru saja didatangkan dari Eropah. Yaitu pasukan yang memenangkan perang melawan Napoleon dari Perancis.
Pariaman di suatu hari sekitar tahun 1800. Saat itu, Minangkabau sudah berada di bawah kekuasaan Inggeris. Sebab tahun 1793 benua Eropah dijilat api peperangan. Napoleon yang tengah berkuasa di Perancis dan Belanda terlibat perang dengan kerajaan Inggeris.
Perang di Eropah menyebabkan seluruh daerah jajahan ketiga bangsa itu juga berperang. Pimpinan Inggeris di Calcutta, India yang membawahi Benua Asia memerintahkan angkatan lautnya merebut wilayah Sumatera Barat yang kaya dengan emas dan rempah-rempah dari tangan Belanda.
Tahun 1795 itu, angkatan perang Inggeris mendarat dan segera dapat merebut pos-pos Kompeni (V.O.C) di Padang tanpa perlawanan yang berarti. Dengan jatuhnya pos-pos Belanda di Padang, maka pos-pos mereka di daerah pesisir seperti di Salido, Painan, Pariaman dan Tiku juga menyerah pada Inggeris.
Sejak tahun 1795 itu, bermulalah penjajahan Inggeris atas pesisir Minangkabau. Kekuasaan Inggeris ini kelak akan berakhir pada tahun 1819. Daerah ini dikembalikan kepada Belanda berdasarkan perjanjian London tahun 1814 antara Inggeris dan Belanda tentang daerah jajahannya di Hindia Belanda.
—o0o—-
HARI alangkah…

Leave a Reply

 
Advertise Here
Advertise Here

Pojok

  • + Gubernur Riau bacaruik pungkang
    - Raso tagak di balai kami pak gubernur
    + Band Bimz ingin langit biru di Riau
    - Ijau buliah langik tu, gubernur se pacaruik