Pertamina Tanam Dua Hektare Mangrove di Bungus

PADANG – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Teluk Kabung menyalurkan CSR dalam bentuk penanaman pohon mangrove di Kampung Olo, Teluk Kabung Tengah, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Kamis (15/9).

Bantuan 2.600 batang pohon mangrove senilai Rp156.020.000 itu diberikan kepada Kelompok Konservasi Hutan Mangrove di Olo, dan ditanam secara simbolis oleh Operation Head Terminal BBM (TBBM) Teluk Kabung, Mukhlis Dalimunthe bersama Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang, Zalbadri, Direktur PAM Opvit Polda Sumbar, AKBP D. Alamsyah, Kabid Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Albert dan lainnya.

Bibit mangrove yang ditanam berjenis rizhopora apiculata pada lahan seluas dua hektare. Mukhlis Dalimunthe dalam sambutannya mengungkapkan, konservasi hutan mangrove sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam upaya melindungi keanekaragaman hayati, khususnya di wilayah pesisir yang berada di sekitar TBBM Teluk Kabung.

“Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yang sangat penting sebagai pelindung habitat biota laut dan pesisir serta mengurangi abrasi dan sedimentasi yang berdampak buruk bagi ekosistem alam,” katanya.

Selain berguna untuk pelestarian keanekaragaman hayati, program konservasi hutan mangrove dari segi ekonomi juga dapat memberi nilai tambah bagi masyarakat.

“Pohon mangrove berjenis rizhopora apiculatamenjadi tempat hidup siput telescopium sp dan siput tersebut menjadi bahan olahan makanan khas masyarakat sekitar,” ujarnya.(yuni)