Perumahan tak Bisa Ditempati, Warga Sawahlunto Ngadu ke BTN

PADANG — Belasan warga yang merupakan pembeli unit perumahan Alam Asri  Kolok mendatangi Bank BTN Padang, Kamis (22/9) untuk meminta bantuan memfasilitasi permasalahan yang dihadapi dengan pihak PT Padang Raya Real Estate, terkait belum bisanya dihuni rumah yang dibeli serta fasilitas yang belum memadai.

Sudah hampir dua tahun melakukan akad kredit dan pembayaran cicilan pembelian unit rumah di Perumahan Alam Asri Kolok Sawahlunto, hingga kini pembeli masih belum bisa menempati unit yang mereka idamkan, yang dibangun sejak 2013 lalu itu.

PT. Padang Raya Real Estate merencanakan pem­bangunan perumahan, de­ngan target hunian sebanyak 361 unit. Namun hingga kini kelanjutan pembangunan pe­rumahan Alam Asri Kolok tidak ada ke­pas­tiannya.

Salah seorang pembeli Dodi mengatakan, fasilitas umum di lokasi tersebut belum lengkap seperti rumah tidak layak huni, listrik belum masuk, akses jalan rusak berat, dokumen atau surat yang sudah akad kredit tidak diberikan kepada debitur dan lainnya.

“Kami telah melakukan akad kredit me­lalui Bank Tabungan Negara (BTN), dan membayar cicilan serta angsuran kredit. Maka dari itu saya meminta bantuan fasilitas kepada BTN untuk turut membantu dalam penyelesaian terhadap PT yang bersangkutan tersebut” ujar Dodi usai pertemuan di Bank BTN Padang.

Tidak hanya itu, kekecewaan juga diungkapkan Yanti, Wa­nita yang juga pegawai di Dinas Kesehatan Sawahlunto ter­sebut, telah menyetorkan uang muka belasan juta ru­piah.

Selain itu, terang ibu tiga anak itu, pembayaran ang­su­ran kredit juga terus dila­ku­kan. Sementara, penempatan unit rumah yang dicicil itu pun belum bisa dilakukan.

“Bagaimana mau menem­pati, akses ke perumahan susah untuk dilalui, terlebih saat hujan datang,” ungkapnya kecewa.

Wakil Kepala Cabang BTN Padang, Dudi mengungkapkan, bank akan meninjau ke lokasi perumahan dan segera mempertemukan pihak developer dengan pembeli, sehingga lekas selesai permasalahan.

“Kita akan mempertemukan dengan pihak PT agar konsumen segera menikmati hunian yang sudah mereka idamkan sesegera mungkin,” terangnya usai pertemuan dengan pembeli di BTN.(Rian)