Pilkada, Polres Sawahlunto Ajak Paslon Teken MoU

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

SAWAHLUNTO – Polres Sawahlunto akan mengajak semua pasangan calon dan penyelenggara pemilu ikut terlibat menjaga ketertiban dan keamanan dalam Pilkada 2018. Semua itu akan dituangkan dalam kesepakatan bersama atau MoU.

“Nanti, kita juga akan meneken MoU dengan pasangan calon walikota yang menjadi peserta pilkada mengenai stabilitas keamanan,” kata Kepala Polres Sawahlunto AKBP. Zamrony Wibowo kepada Singgalang, Senin (2/10).

Ia mengatakan, dengan menandatangani MoU ada tanggung jawab semua pihak penyelenggara dan peserta pemilu kepala daerah untuk menjaga stabilitas keamanan selama proses tahapan pemilihan walikota agar tetap berjalan dengan tertib aman dan lancar.

Dikemukakan Kepala Polres, aman dan tertib pelaksanaan Pilwako Sawahlunto 2018 tidak hanya menjadi tanggung jawab kepolisian termasuk semua penyelenggara dan peserta pemilu kepala daerah serta masyarakat.

Lebih jauh dikemukakannya, MoU dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah ditandatangani. Selanjutnya, dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) juga akan dijalin kerjasama. Saat ini Panwaslu sedang membentuk dan merekrut panwascam. Setelah semua itu terbentuk, baru akan dijalin kerjasama dengan panwaslu.

“Setelah pasangan calon walikota ditetapkan KPU kita akan menjalin kerjasama dengan menandatangani MoU bersama pasangan calon walikota. Kita berharap, Pilwako Sawahlunto 2018, berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” ujar Zamrony.(cong)