Pilkada Serentak, Kapolri Minta Anggotanya Pantau Dunia Maya

Irjen Boy Rafli Amar. (antara)
Irjen Boy Rafli Amar. (antara)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta tim cyber crime Mabes Polri dan setiap Kepolisian Daerah mengefektikan kinerjanya jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 2017. Hal itu disampaikan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar usai dilakukannya pertemuan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan pejabat-pejabat Mabes Polri di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (29/10/2016) malam.

“Jadi kata Pak Kapolri tadi kita perlu meningkatkan langkah-langkah proaktif dan antisipatif. Pertama tentu berkaitan dengan peningkatan masalah pengamatan di dunia maya dengan cyber patrol. Karena mabes polri ada tim cyber dan polda metro jaya juga ada tim cyber,” ujar Boy di Mapolda Metro Jaya.

Kapolri, lanjut Boy meminta tim Cyber harus gencar melakukan langkah proaktif, antisipatif hingga melakukan penyelidikan apabila sudah melampauai batas hingga menjadi ujaran kebencian.

“Tim Cyber dapat tugas, patroli, kontrol.‎ Kalau ditemukan hal-hal melebihi batas dalam artian sampai pada ujaran kebencian yang melanggar hukum bisa dijerat dengan UU ITE dan KUHP,” tegasnya.

Mantan Kapolda Banten itu juga meminta agar masyarakat khususnya DKI lebih cerdas dalam menyaring informasi yang kebenarannya diragukan atau tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Publik diminta tidak mudah terprovokasi dengan ajakan, hasutan sampai demo yang sifatnya anarkis,” pungkasnya. (aci)

agregasi okezone1