Politeknik Negeri Padang Seminarkan 149 Hasil Penelitian

Pembukaan Seminar ASCNITech di Kryiad Bumiminang Hotel Padang (ist)
Pembukaan Seminar ASCNITech di Kryiad Bumiminang Hotel Padang (ist)

PADANG – Politeknik Negeri Padang (PNP) berusaha terus berinovasi dan berkreasi demi meningkatkan daya saing di kancah nasional maupun internasional. Salah satunya dengan mengelar seminar nasional di Kryiad Bumiminang Hotel Padang, Sabtu (15/9).

Seminar yang berlangsung selama dua hari itu dibuka Gubenur Sumbar, Irwan Prayitno. Ia berpesan teruslah berinovasi, berikan kontribusi teknologi terbaik untuk bangsa dan negara.

Pesan tersebut langsung direspon Direktur PNP, Aidil Zamri. “Kami sangat ingin membantu pemerintah dengan ilmu teknologi yang kami miliki. Salah satu wujudnya dengan menciptakan karya teknologi yang siap pakai. Itu sudah banyak dikembangkan para dosen maupun mahasiswa kami. Contoh saja baru-baru ini, mahasiswa kami sudah mampu membuat sebuah helm. Apabila sudah terjadi kecelakaan, bisa memberikan informasi ke rumah sakit terdekat. Tentunya pengendara mengunakan helm tersebut saat terjadi kecelakaan. Karya tersebut berhasil menjadi juara tingkat Sumbar,” jelasnya.

Selain itu, katanya, demi memberikan yang terbaik, PNP mengelar seminar nasional ini. “Seminar ini pertama kali kami adakan. Insya Allah akan ada seminar selanjutnya, bahkan skalanya lebih besar, internasional,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan, Ketua Panitia, Hidayatul Ihsan. Ia mengatakan seminar ini merupakan wahana untuk mendekripsikan hasil penelitian. Dalam seminar ini dibahas 149 judul makalah penelitian. Sebanyak 72 judul enginering dan 77 tentang sosial sains. Makalah yang masuk tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Tak hanya itu, keynote speakernya juga ahli dibidangnya, seperti Prof Mauridhi Hery Purnomo (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan Tutut Herawan (University of Malaya). (lenggo)