Prancis dan Portugal Lolos ke Piala Dunia, Belanda Tersingkir

prancisJAKARTA – Sejumlah pertandingan menarik tersaji di laga pamungkas penyisihan grup kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa pada Rabu (11/10/2017) dini hari WIB. Prancis dan Portugal menjadi dua tim terakhir yang meraih tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 mendampingi Belgia, Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia, Serbia, dan Islandia.

Laga antara Portugal melawan Swiss menjadi partai penentu siapa yang berhak menjadi juara Grup B dan memastikan diri tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Bertindak sebagai tim tuan rumah, Selecao -julukan Timnas Portugal- menang atas Swiss dengan skor akhir 2-0.

Dua gol Portugal tercipta melalui gol bunuh diri pemain Swiss, Johan Djourou (41’) dan sepakan Andre Silva (57’). Tim asuhan Fernando Santos itu memuncaki klasemen Grup B dengan raihan 27 poin. Sementara Swiss akan menjalani playoff lantaran berada di peringkat dua meski meraih poin sama tetapi kalah selisih gol dari Portugal.

Sementara itu, Prancis juga meraih kemenangan penting di laga terakhir babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A Zona Eropa. Antoine Griezmann dan kawan-kawan menang atas Belarusia dengan skor 2-1.

Prancis sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan diri lolos langsung ke Piala Dunia 2018. Kendati demikian, tim asuhan Didier Descahmps itu memetik poin penuh untuk menjadi juara Grup A dengan mengoleksi 23 poin.

Sedangkan Belanda gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 meski meraih kemenangan 2-0 atas Swedia di hadapan pendukung sendiri. Hasil tersebut tak cukup untuk mengantarkan Arjen Robben dan kolega tampil di Rusia tahun depan.

Saat ini, Belanda menempati peringkat ketiga di klasemen akhir Grup A (19 poin). Raihan itu sama seperti Swedia yang menempati posisi kedua. Namun, Swedia masih unggul selisih gol atas Belanda.

Berikut hasil lengkap laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa semalam:

Prancis 2 – 1 Belarusia

Luxemburg 1 – 1 Bulgaria

Belanda 2 – 0 Swedia

Hungaria 1 – 0 Kepulauan Faroe

Latvia 4 – 0 Andorra

Portugal 2 – 0 Swiss

Belgia 4 – 0 Siprus

Estonia 1 – 2 Bosnia-Herzegovina

Yunani 4 – 0 Gibraltar

(aci)

agregasi okezone1