Produk Kerajinan Kokka Bisa Obati Penyakit

Pembeli tengah memilih kerajinan kokka. (syawal)
Pembeli tengah memilih kerajinan kokka. (syawal)
PADANG – Mungkin banyak orang tak mengenal buah kokka yang berasal dari Timur Tengah. Buah tersebut memberikan banyak
manfaat. Di tangan perajin, kokka diolah menjadi berbagai produk.  Uniknya, barang kerajinan itu dijual lagi ke makkah dan negara Timur Tengah lainnya.
Produk tersebut bisa didapatkan warga selama kegiatan Padang Fiesta kawasan GOR H. Agus Salim berlangsung.  Penjual kerajinan kokka, Am kepada Singgalang di arena Padang Fiesta, Jumat (25/11) mengatakan, buah atau kayu kokka ini adalah bahan pembuat kapal Nabi Nuh dan tongkat Nabi Musa.

Berbagai macam bentuk kerajinan yang dijual mulai dari gelang, kalung, cincin dan tasbih. Harganya mulai dari Rp20 ribu hingga Rp60 ribu untuk cincin dan gelang.  Namun, untuk tasbih harganya Rp200 ribu hingga Rp250 ribu. Disebutkannya, animo masyrakat cukup tinggi membeli produk kerajinan kayu dan buah kokka tersebut dari semua kalangan umur.

Dikatakannya, banyak manfaat mengunakan kerajinan kokka tersebut mulai dari aman dari gangguan berbagai jenis makhluk bagi yang mengunakannya, menyembuhkan sakit gigi dengan direndamkan dalam air dan diminum airnya. Bisa mengobati luka digigit binatang berbisa, sakit kepala dan sakit urat. Lalu, juga terhindar dari racun dan banyak khasiat lainnya.

Dikatakan Am, pembuatnya hanya ada di Kalimantan. Ia sudah empat tahun berjualan ini dengan sistem berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Salah seorang konsumen, Wandi sangat tertarik membeli kerajinan kokka tersebut karena banyak khasiat sekaligus bentuknya pun unik serta sulit didapatkan pada tempat yang lain.(wal)