Program TMMD, Pemkab Pessel Apresiasi TNI

PAINAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memberi apresiasi kepada ratusan personel TNI yang ikut membantu membangun rumah rakyat sekaligus membuka akses jalan tani sepanjang 12 kilometer dalam program Tentara Manungal Membangun Desa (TMMD) di Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas.

“Banyak keuntungan positif yang didapatkan masyarakat. Jalan sepanjang 12 Km yang baru dibuka oleh para tentara yang gagah kuat dan berani tersebut memberikan kemudahan bagi petani gambir di kampung Tanjung Kandis untuk melancarkan rutinitasnya yang sebelumnya menghadapi banyak rintangan dalam proses produksi gambir” ucap Wakil Bupati Rusma Yul Anwar saat pembukaan TMMD ke 97 di lapangan bola kenagarian Taluak, yang diprakarsai Komando Distrik Militer 0311 Painan.

Ia menyebut apabila secara menyeluruh jalan pertanian yang melewati areal hutan sekitar 3.000 hektare yang menghubungkan dua kenagarian dan kecamatan itu, maka mobilitas transportasi petani semakin mudah dan dekat.

“Tentunya, dapat mempermudah masyarakat untuk mengangkat hasil produksi gambir dan hasil lainya serta akan memperpendek jarak mobilitas transportasi dari Langgai, Ampalu dan sekitarnya kalau ingin ke Painan,” katanya.

Ia mengungkapkan “Kampung Uba” (jalan tani yang sedang dibuka TNI) yang telah ditinggalkan oleh masyarakat sejak tahun 1983 yang kini menjadi pusat kawasan Tentara manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke -97 Tersebut bakal bisa dilalui kendaraan roda empat.

Dandim 0311 Painan, Letkol Inf Setya Asmara mengharapkan program TMMD KE- 97 itu dapat berjalan sukses untuk kesejahteraan masayarakat. Sebab dengan program itulah pembangunan dapat dilakukan pada desa-desa yang masih memiliki kondisi ketertinggalan.

“Jadi dua target pada program TMMD ini, yakni fisik dan non fisik. Kita harapkan lancar hingga penutupan (19 Oktober). 4 unit rumah dan satu mushalla yang sedang dibangun prajurit TNI tesebut baru mencapai tahapan sekitar 40 persen. Kami tidak mau membangun tergesa-gesa. Kami menginginkan hasil yang lebih bagus” tuturnya. (niko)