Propam Selidiki Dugaan Kelalaian Petugas Terkait Pembakaran Mapolres Dharmasraya

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto (Foto: Okezone)
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto (Foto: Okezone)

JAKARTA – Mapolres Dharmasraya ludes dilalap api lantaran dibakar oleh dua orang, yakni Eka Fitria Akbar (24) dan Enggria Sudarmadi (25). Kedua orang itu sendiri diduga merupakan bagian dari kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan saat ini pihak Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumbar turun tangan untuk menyelidiki adanya dugaan kelalaian petugas saat menjaga markas polisi tersebut.

“Dari Propam Sumbar sedang bekerja sedang lakukan audit bahwa saat terjadi siapa yang bertugas bertanggung jawab pasti diminta keterangannya, sehingga nanti bisa ketahuan apakah ada pelanggaran,” papar Setyo saat ditemui di salah satu restoran di Jakarta Selatan, Selasa (14/11).

Kedua pelaku pembakaran itu sendiri pascakejadian harus ditembak mati oleh aparat lantaran mencoba kabur setelah menebar teror.

Terkait prosedur pengamanan, Setyo memaparkan kepolisian telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menjaga markas. Tak hanya itu, SOP itu juga mengatur mengenai kegiatan personel Polri di lapangan.

Setyo menyebut audit dari Propam itu akan mendalami apakah ada kelalaian seperti keteledoran atau kelalaian petugas, saat menjalani tugasnya seperti tertidur atau hal lainnya.

“Jadi nanti akan kami lihat siapa yang paling bertanggung jawab atas kejadian itu,” ujar Setyo mengutip okezone. (aci)

agregasi okezone1