Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Utama » PSNMHII XXV Berlangsung Sukses

PSNMHII XXV Berlangsung Sukses

(27 Views) April 26, 2013 10:13 am | Published by | No comment

PADANG — Tahun ini, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himashi) Unand menjadi tuan rumah Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PSNMHII) XXV. Acara bertema ‘Napak Tilas Sejarah Diplomasi Indonesia’ itu berjalan sukses, Minggu-Kamis (21-25/4) lalu.
Ketua acara, Nanda Satria mengatakan acara ini merupakan acara nasional yang ada tiap tahun. Tiap universitas yang memiliki jurusan Hubungan Internasional (HI) bergiliran menjadi tuan rumah acara. Tahun ini giliran Unand. “Semua Perwakilan mahasiswa HI se-Indonesia hadir,” ujarnya, Kamis (25/4).
Selama lima hari banyak rangkaian kegiatan yang digelar. Ada seminar nasional tentang ‘Histrografi Diplomasi Perjuangan Indonesia’. Pematerinya bukan orang sembarangan, semua adalah ahlinya tentang sejarah diplomasi.
Ada sejarahwan, Prof. Mestika Zed. Ada pula Plh. Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, W.M. Rubianto yang berbicara tentang ‘Penguatan Kapasitas Dunia Perguruan Tinggi Dalam pelaksanaan Diplomasi Publik’.
Selain itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Multilateral, Rina P.Soemarno akan memaparkan tentang Potret Diplomasi Indonesia bercermin dari Forum Multilateral G77, G20, OKI, PBB.
Nanda mengatakan, seminar dan diskusi ilmiah ini menjadi ajang untuk pengembangan keilmuan internasional di kalangan mahasiswa. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan wawasan keilmuan tiap mahasiswa delegasi dari berbagai universitas.
“Jarang-jarang mahasiswa dalam satu acara bisa mendapatkan banyak ilmu lini secara internasional dari narasumber kompeten. Acara ini kesempatan berharga,” kata Nanda.
Ia menjelaskan, selain seminar, ada pula diskusi ilmiah. Diskusi dibagi menjadi tiga topik, Diplomasi Indonesia Dunia Islam, Diplomasi Indonesia dalam Era Paradox of Plenty dan Peluang Indonesia sebagai Major Power di ASEAN.
“Hasil seminar dan diskusi nanti akan dijadikan buku dalam bentuk ebook, biar bisa jadi sumber ilmu untuk mahasiswa yang tak sempat datang acaranya,” ujar Nanda. (403)

Categorised in:

No comment for PSNMHII XXV Berlangsung Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>