Pungli, 300 Orang Tengah Diproses

Ilustrasi (sinarharapan.co)
Ilustrasi (sinarharapan.co)

JAKARTA – Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno resmi ditunjuk sebagai pemimpin Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Ia mengatakan, timnya serius menjalankan amanah untuk memberantas pungli di negeri ini.

Menurutnya, saat ini ada 300 orang yang sudah tertangkap melakukan pungli dan sedang diproses. “Sampai sekarang kita sudah ada 300 orang yang diproses. Tinggal kita lihat saja fakta yuridisnya nanti. Intinya kami serius,” katanya di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (21/10).

Dwi Priyatno mengatakan, pihaknya fokus memberantas pungli melalui hukum, namun juga melakukan pencegahan termasuk menggandeng instansi terkait di bidang pengawasan. Tim Saber Pungli juga belum menentukan jumlah personelnya.

Agar mudah beroperasi, tim akan membentuk sub-sub satuan tugas untuk penindakan, yustisi, hingga pencegahan. “Nanti kita sesuai kebutuhan,” ujar Dwi.

Untuk memastikan Tim Saber Pungli bersih, Dwi Priyatno mengatakan, pihaknya akan terus sharing dengan instansi lain. “Misalnya kejaksaan dan Kemendagri dan lain-lain. Insya Allah Senin saya ke Menko Polhukam untuk minta petunjuk dan arahannya,” tuturnya. (aci)

agregasi okezone1