Rafhely FC Ditantang Payakumbuh di Final Liga Futsal Nusantara

Rafhely FC vs Ikasma 2 (ist)
Rafhely FC vs Ikasma 2 (ist)

PADANG – Juara bertahan Rafhely FC ditantang Futsal Payakumbuh di partai puncak Liga Futsal Nusantara (LFN) Sumbar 2017, Senin (9/10) sore di Lapangan Rafhely Futsal, Jalan By Pass Padang.

Melajunya anak asuh Andrian ‘Anduik’ Andika itu setelah di partai semifinal, Minggu (8/10) menang telak 9-3 atas tim pendatang baru, Ikasma 2 Padang. Walau mampu menang jauh namun Ikasma 2 mampu memimpin lebih dulu saat laga memasuki menit ke-4 berkat aksi Erick Chonstadinova.

Hanya saja, keunggulan Ikasma 2 itu tak berlangsung terlalu lama. Setelah Rafhely FC mampu menyamakan skor 1-1 pada menit 16 melalui Afis Yunanda, kebuntuan tuan rumah mulai mencair. Alhasil, Rafhely FC beruntun menciptakan gol melalui Febi Perdana, menit 17′, Rahmad Rawagus, 19′ dan Irfan Nelson di penghunjung babak pertama. Skor 4-1 itu bertahan hingga turun minum.

Babak kedua, Rafhely FC tak terbendung lagi. Kualitas, skil dan teknik serta mental memang punya Rafhely FC. Pada 20 menit kedua itu, lima gol bersarang ke gawang Ikasma 2 Padang yang dikawal bergantian oleh Revaldo dan Jefry Jhonnasis.

Lima gol tambahan tim yang dimiliki Yasman Yanusar itu diciptakan, Andready Aprizul menit 22, Afis Yunanda menit 30, Muhammad Fikri, menit 31 dan 32 serta dilengkapi oleh Muhammad Sanjaya pada menit 38.

Walau begitu, Ikasma 2 tidak mau menyerah begitu saja. Memasuki menit 40, dua gol lewat Refo Wahyu Pratama dan Ilham Muhammad Zidan masih sanggup menjebol gawang Rafhely FC yang dijaga kiper pengganti Geo Vando Qais Mugifa. Dua gol tambahan Ikasma 2 itu hasil taktik permainan power play. Namun sampai laga bubaran skor 9-3 untuk kemenangan Rafhely FC bertahan.

“Kami akui Ikasma 2 sepanjang 15 menit pertama cukup merepotkan kita. Tapi adik-adik punya ketenangan dan kesabaran dalam membongkar permainan disiplin mereka. Kita ke final, saya harap adik-adik menjaga fokus dan konsentrasi karena masih ada satu langkah lagi untuk juara,” tutur Andrian Andika usai laga.

Pelatih Ikasma 2 Padang, Ibnu Hakim tidak berkecil hati meski harus kalah di semi final. “Perjuangan kami telah maksimal. Kita melaju ke semifinal saja pada iven resmi Federasi Futsal Indonesia yang dihelat Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumbar sudah prestasi membanggakan bagi kami,” ujar Ibnu Hakim.

Partai puncak, Senin (9/10) ini Rafhely FC bertemu Futsal Kota Payakumbuh. Laga final itu juga sekaligus perebutan tiket AFP Sumbar ke babak 34 besar nasional mendatang.

Futsal Payakumbuh di semifinal kedua mengkandaskan Futsal Pariaman dengan skor tipis 4-3. Empat gol Futsal Payakumbuh disarangkan Deffera Mario Septian menit 5, Abdul Hariz menit 6 dan dua lagi diciptakan Irvan Zulhendri pada menit 13 dan ditutup Randa Trio Saputra. Sementara tiga gol Futsal Pariaman dihasilkan oleh Arie Bagus Maulana menit 7, Nando Roberto menit 17 dan Jumadil Ichwal menit 18. (dede)