Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Utama » Railbus Segera Beroperasi

Railbus Segera Beroperasi

(115 Views) January 2, 2013 7:18 am | Published by | No comment

PADANG – Tahun ini railbus segera beroperasi di Padang. Angkutan massal ini sedang menunggu izin operasional. Jika selesai, railbus akan beroperasi dari Padang ke Padang Pariaman, ini yang pertama di Sumatra.

RAILBUS

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, surat-surat perizinan untuk kereta api cepat atau railbus yang telah sampai di Stasiun KA PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Jalan Stasiun No.1 Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, secepatnya akan selesai dalam waktu dua minggu.
“Ini momentum kebangkitan perkeretaapian Sumbar yang perlu kita syukuri. Maka dari itu, Pemprov pun akan berupaya untuk dapat menyelesaikan secepatnya semua surat-surat yang diperlukan serta pembebasan lahan untuk pembangunan jalurnya, sehingga railbus dapat segera melaju di provinsi ini,” ujar Irwan kepada sejumlah wartawan, Selasa (1/1) dalam kunjungannya melihat kereta api dengan kapasitas 140 orang ini.
Dikatakan Irwan Prayitno, subsidi untuk mendukung lajunya railbus ini nantinya juga akan disediakan Pemprov.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar, Mudrika menambahkan, railbus itu akan beroperasi jika infrastruktur pendukungnya sudah selesai. Untuk pembangunan infrastruktur tersebut, tahap pertama Sumbar sudah mendapatkan suntikan dana dari APBN senilai Rp57 miliar dari total biaya Rp114,3 miliar.

Penggunaannya, terdiri dari pembangunan badan jalan kereta api Duku-BIM Rp27,9 miliar, pembangunan jembatan kereta api sepanjang 90 meter Rp28,58 miliar. Lalu, detail engineering design (DED) Rp2,3 miliar dan project management service Rp750 juta.
Untuk pembebasan lahan, tahun 2013 sudah dianggarkan pada APBD Sumbar senilai Rp31 miliar. Dana itu diperuntukkan bagi membebaskan sisa dari sebanyak 81 persil lahan jalur railbus Padang-Bandara Internasional Minangkabau (BIM).
Sedang untuk turun naik penumpang nantinya, railbus tidak menggunakan stasiun kereta api seperti yang lama. Tapi akan dibangun shelter (stasiun) baru sebanyak 16 unit, letaknya di Padang dan Pariaman. Dalam Angkutan tersebut diperkirakan mampu mengangkut sebanyak 150 orang sekali jalan.
“Untuk shelternya sudah ada anggaran, pokoknya tahun ini semuanya tuntas. Kereta beroperasi, ini akan mampu mengatasi kemacetan di Kota Padang,” sebut Mudrika.
Sebelumnya, satu set railbus yang terdiri dari dua lokomotif dengan tiga gerbong buatan Madiun, Jawa Timur sudah sampai di Padang. Membawanya ke Padang diangkut dengan kapal Lestari Abadi 03 dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada 9 Desember lalu. Lalu, sampai di Pelabuhan Teluk Bayur sejak Jumat (28/12). Kemudian baru dapat sandar pada Minggu (30/12). Setelah dibongkar, railbus yang belum memiliki nama sebutan itu langsung diparkir di Stasiun KAI, Simpang Haru, Padang. (401/wahyu)

Categorised in:

No comment for Railbus Segera Beroperasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>