‘Raja’ Minyak dari Indrapura

Sultan Indra A Osman merupakan satu dari 38 pengusaha asli Indonesia, yang menjadi pemilik ladang minyak yang bekerjasama dengan pertamina, selebihnya merupakan perusahaan milik asing. Sultan Bertekad Mengembalikan Kejayaan Indrapura

Di sela kesibukannya sebagai seorang pengusaha. Sultan Indra A Osman yang merupakan pewaris Sultan Muhammad Merah Baqi dari kesultanan Indrapura, berupaya mengangkat kembali keberadaan, harkat martabat dan marwah para pendahulu Kesultanan Indrapura dikancah nasional maupun internasional.

“Indrapura sudah terlalu lama tenggelam. Kita ingin mengembalikan kejayaannya, paling tidak sejarahnya diketahui masyarakat Indonesia” katanya.
Karena dinilai berperan dalam melestarikan adat budaya dan tradisi Indonesia.

Sultan Indra A Osman dianugerahi gelar kebangsaan dari keraton Surakarta Hadiningrat. Dia tidak mendapatkan seorang diri, sang putri semata wayang, prully yandra S.E juga diberi penghargaan oleh Keraton.

Sultan Indra A Osman saat ini sedang berupaya mengumpulkan kembali kepingan kejayaan Kesultanan Indrapura. Bersama keturunan Muhammad Merah Baqi atau yang terkenal dengan Tuanku Balinduang lainnya, Sultan Indra A Osman membangun miniatur istana Indrapura, mengumpulkan benda-benda pusaka, hingga membangun silaturahmi dengan berbagai pihak yang mendukung Kesultanan Indrapura.

Sultan Indra A Osman ingin suatu saat ini tidak hanya keturunan, tapi seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia dapat melihat warisan dari Kesultanan Indrapura. (guswandi)