RAPP Kembali Salurkan Beasiswa

Penyerahan beasiswa RAPP di SMA 1 Singingi, Riau (ist)
Penyerahan beasiswa RAPP di SMA 1 Singingi, Riau (ist)

TELUK KUANTAN – Membantu upaya pemerintah di dunia edukasi, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kembali memberikan beasiswa kepada siswa tingkat SMA dan SMK Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Mereka yang memperoleh bantuan pendidikan berada di sekitar wilayah Logas. Beasiswa tersebut merupakan program rutin perusahaan di dunia pendidikan.

Penyerahan beasiswa yang digelar di SMA 1 Singingi itu, dihadiri UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Singingi, Nur Kaswan, Kepala SMAN 1 Singingi, Manager Sstate Logas RAPP, Asep Nugraha Budiawan, staff Community Development (CD) wilayah Kuansing dan tim Bank BRI Pangkalan Kerinci.

Nur Kaswan mengatakan, sejauh ini perusahaan telah berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten tersebut. Beasiswa diklaim akan sangat membantu siswa yang sulit untuk melanjutkan pendidikan, terutama yang berasal dari ekonomi lemah.

“Kepedulian ini sangat diapresiasi mengingat banyak siswa berprestasi yang tak bisa melanjutkan sekolah akibat terbentur biaya. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan dan semoga di tahun depan jumlah akan terus bertambah,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan tersebut sekaligus sebagai bentuk sinergitas antara perusahaan dalam memajukan dunia pendidikan.

Manager Estate Logas RAPP, Asep Nugraha Budiawan menjelaskan, kepedulian tersebut bersumber dari kebijakan perusahaan yang terobsesi maju bersama masyarakat.

Disampaikan, sebelum di estate Logas, pihak RAPP juga telah menyerahkan bantuan serupa di sejumlah daerah, dan terakhir di estate Cerenti. “Kami berharap beasiswa benar-benar akan membantu siswa dalam meraih prestasi,” lanjutnya.

Pemberian beasiswa di Kuantan Singingi itu sekaligus menjadi bagian dari rangkaian program beasiswa yang diprogramkan PT RAPP dan sebuah lembaga bernama Tanoto Foundation.

Beasiswa menyasar siswa yang memerlukan dukungan finansial untuk pendidikan baik di tingkat SD, SMP, SMA hingga tingkat perguruan tinggi. Sejak tahun 2009 hingga 2016, sebanyak 892 di beragam tingkatan sudah diserahkan di estate Cerenti, Baserah dan Logas. Totalnya mencapai lebih dari Rp1,6 miliar.

Sejak tahun 2006, sebanyak 35 siswa yang berasal dari 24 desa di Riau juga telah menerima beasiswa dari Akademi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung dan Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) Yogyakarta.

Sebagian alumnus penerima beasiswa ini mendapatkan ikatan dinas dari RAPP. Total beasiswa yang diberikan untuk siswa kuansing di ATPK dan Instiper mulai dari uang kuliah, biaya hidup, dan uang saku sejak tahun 2006 mencapai hampir Rp4,4 miliar. (*)