Reshuffle Kabinet; Khofifah Digeser Idrus, Moeldoko Gantikan Teten

Idrus Marham (idrusmarham.com)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan Kabinet Kerja melalui reshuffle. Berdasarkan undangan dari Mensesneg yang diterima Okezone, ada beberapa posisi yang akan dikocok ulang Presiden Joko Widodo. Posisi tersebut adalah Menteri Sosial, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, serta Kepala Staf Angkatan Udara.

Selain ketiga posisi itu, menurut kabar yang beredar, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko termasuk orang yang ditunjuk Jokowi untuk menjadi Kepala Staf Presiden. Ia akan menggantikan Teten Masduki di posisi tersebut.

Diketahui, dalam reshuffle kali ini, posisi Mensos yang dijabat Khofifah Indar Parawansa akan digantikan Idrus Marham. Khofifah sendiri maju dalam Pilgub Jatim 2018.

Sebelumnya diberitakan, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapta Prabowo memastikan bahwa Presiden Jokowi akan segera memutuskan nasib Khofifah Indar Parawansa sebagai menteri sosial di Kabinet Kerja.

Pasalnya, Khofifah ‎diketahui telah mengirimkan surat pengunduran diri lantaran maju sebagai Calon Gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018.

“‎Akan segera diputuskan Presiden soal pengajuan pengunduran diri bu Khofifah dari kabinet,” kata Johan Budi saat dikonfirmasi Okezone, Kamis 11 Januari 2018.

Selain memutuskan nasib Khofifah, Kepala Negara juga akan segera memutuskan nasib Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto di Kabinet Kerja. Hanya saja nampaknya jabatan Ketua Umum Partai Golkar masih dipertahankan di Kabinet Kerja.

“Demikian juga soal Pak Airlangga akan segera diputuskan oleh Presiden ,dipertahankan di kabinet atau diganti,” tandasnya. (aci)