Resmi Jabat Kepala BIN, Ini Prioritas Budi Gunawan

JAKARTA – Budi Gunawan resmi menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Pangkatnya pun naik menjadi bintang empat atau jenderal. Nah, apa prioritas Budi Gunawan usai sah menggantikan Sutiyoso?

Ke depan, tentu ada beberapa program penguatan, kemampuan BIN agar makin profesional, objektif, dan integritas. Itu perintah Bapak Presiden,” kata Budi Gunawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/9).

Sebagai lembaga intelijen, jelas dia, BIN terdiri dari sejumlah unsur. Antara lain TNI, Polri dan sipil. Selain itu, fungsi intelijen juga melekat pada hampir semua lembaga keamanan dan pertahanan.

Karenanya, BIN bertugas untuk mengkoordinasikan semua kekuatan intelijen yang ada.

“Ada beberapa fungsi intelijen di Indonesia ini, yaitu pertama BIN untuk fungsi intelijen dalam dan luar negeri, TNI untuk intelijen di bidang pertahanan dan kemiliteran, kemudian intelijen hukum yang dilakukan kejaksaan, intelijen keamanan Polri, dan intelijen oleh lembaga negara lainnya. Semua itu mewarnai BIN, karena BIN harus mengkoordinir semua itu,” papar dia.

Sementara itu, mengenai masukan pendahulunya, Sutiyoso bahwa BIN harus menambah personel, Budi Gunawan mengatakan ada banyak cara untuk menyiasati kurangnya personil, salah satunya dengan melebarkan akses informasi dan jaringan.

“Tentu ada beberapa strategi, tentu semua harus mempunyai jaringan yang ditingkatkan. Jaringan maupun akses ya, sambil nanti menunggu penambahan personel,” tukasnya. (aci)

agregasi okezone1