Resmi, Jonan Menteri dan Arcandra Wamen ESDM

Pelantikan Menteri dan Wamen ESDM (okezone)
Pelantikan Menteri dan Wamen ESDM (okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menjawab pertanyaan siapa yang akan menjadi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Hari ini, Presiden Jokowi mengangkat Menteri dan Wakil Menteri ESDM.

“Presiden mengangkat Ignasius Jonan sebagai menteri ESDM dalam kabinet kerja dengan sisa masa jabatan 2014-2019, pada 14 Oktober,” kata Jokowi dalam surat keputusannya di Istana Negara, Jumat (14/10)

Presiden Jokowi melalui keputusannya Nomor 115 P Tahun 2016 juga mengangkat Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM. “Kepadanya diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya, sesuai dengan kewenangan,” jelas surat keputusan tersebut.

Sekadar informasi, keduanya pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM. Namun keduanya bernasib sama, yaitu terdepak dari jajaran kabinet.

Ignasius Jonan keluar dari kabinet Indonesia Kerja saat Presiden Jokowi melakukan reshuffle jilid II pada Juli lalu. Jonan digantikan oleh Budi Karya Sumadi yang dulunya menjabat sebagai Direktur Angkasa Pura II.

Sementara itu, Arcandra Tahar justru baru dilantik pada reshuffle jilid II menggantikan Sudirman Said. Namun sayangnya jabatan Menteri ESDM hanya bertahan selama 20 hari. Arcandra dikabarkan memiliki dua kewarganegaraan yaitu Indonesia dan Amerika. (aci)

agregasi okezone1