Ribuan Massa Blokir Jalan By Pass, Ini Pemicunya

Massa bakar ban blokir Jalan By Pass, Padang (givo alputra)

PADANG – Ribuan massa yang mengatasnamakan Forum Nagari Tigo Sandiang memblokir Jalan By Pass dengan membakar ban bekas di depan Balaikota Padang, Aia Pacah, Koto Tangah, Rabu (13/12 malam.

Aksi tersebut sebagai bentuk protes atas sikap Polresta Padang yang melakukan penahanan terhadap dua warga setempat. Keduanya ditahan sejak Selasa (12/12) dengan tuduhan merusak Posko Tim Lehar di belakang TVRI Sumbar di Aia Pacah. Perusakan itu karena masyarakat tidak terima tanah mereka dipatok oleh pihak Lehar.

Sekretaris Forum Nagari Tigo Sandiang Evy Yandri mengatakan, kemarahan masyarakat ini karena permohonan mereka tidak dapat dipenuhi oleh pihak kepolisian, agar warga yang ditahan tersebut agar ditangguhkan penahanannya. Sejumlah warga melakukan penjaminan, termasuk Forum Nagari Tigo Sandiang. Namun, hasilnya hingga malam kepolisian juga tidak memenuhi tuntutan tersebut.

“Dari pagi warga sudah meminta penangguhan, kami semua mau menjamin, hasil tidak ada. Polisi berdalih menunggu Kapolresta pulang dari Jakarta hingga sore, tapi sore tidak juga ada, akhirnya warga melakukan aksi ini,” sebutnya.

Pihaknya memperkirakan aksi itu akan dilakukan sampai tuntutan mereka dipenuhi. “Kami sangat menghormati proses hukum, tapi tolong yang adil. Kenapa ketika warga bereaksi petugas langsung reaktif, ketika warga menuntut sepertinya mereka buta,” ujarnya. (yose/arief)

Loading...