Riedl Jagokan Thailand Juarai Piala AFF 2016

Alfred Reidl (antara foto)
Alfred Reidl (antara foto)

MANILA – Pelatih Timnas Indonesia, Alfed Riedl menjagokan Thailand untuk menjuarai Piala AFF 2016.

“Yang jelas Thailand tetap jadi favorit di turnamen ini,” ujar Riedl dalam keterangan pers, Jumat (18/11).

Tidak heran Thailand difavoritkan keluar sebagai kampiun. Tim asuhan Kiatisuk Senamuang dihuni pemain-pemain berkualitas wahid. Sebut saja Therathon Bunmathan, Charyl Chapuis, Chanathip Songkrasin hingga penyerang yang pernah menjalani trial bersama Manchester City dan pernah menjajal klub Liga Spanyol, Almeria.

Berkat sederet pemain di atas, prestasi Thailand tak lagi hanya difavoritkan di level Asia Tenggara, namun sudah dapat berbicara di persepakbolaan Asia. Terbukti di Asian Games 2014, Thailand sukses menembus semifinal.

Setelah sukses di Asian Games, Thailand merebut trofi Piala AFF 2014 setelah mengalahkan Malaysia di partai puncak dengan agregat 3-5. Tidak sampai di situ, Thailand merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang mampu lolos ke fase akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia.

Meski sempat kalah di empat laga awal dari Arab Saudi, Jepang, Uni Emirat Arab dan Irak, skuad The Elephant War –julukan Thailand– tak kalah dalam segi permainan. Bahkan di laga terbaru yang berlangsung Selasa 15 November 2016, Thailand menahan Australia 2-2.

Di Piala AFF 2016, Thailand tergabung di Grup A bersama tuan rumah Filipina, Indonesia dan Singapura. Laga pertama Thailand langsung dihadapkan dengan Indonesia yang ingin bangkit setelah sempat vakum satu tahun dari persepakbolaan internasional. Pertandingan tersebut dilangsungkan di Phillipine Sport Stadium pada Sabtu (19/11) malam WIB. (lek)

agregasi okezone1