Riza Falepi Isi Masa Kampanye dengan Bertanam Bawang

Petani yang tergabung dalam Forum Komunikasi Petani Peduli Payakumbuh (FKP3) menyemaikan bibit bawang bersama Riza Falepi, beberapa waktu lalu. (bule)
Petani yang tergabung dalam Forum Komunikasi Petani Peduli Payakumbuh (FKP3) menyemaikan bibit bawang bersama Riza Falepi. (bule)

PAYAKUMBUH – Riza Falepi mengisi masa kampanye Pilkada dengan bertanam bawang bersama pertani  Payakumbuh Timur. Hal itu dilakukan karena keprihatiannya kepada petani, yang gagal panen ketika kemarau  panjang melanda Payakumbuh. Akibat kemarau itu, tidak sedikit kerugian yang didapat oleh petani setempat.

“Sebagai salah satu daerah yang menjadi sentra pertanian di Sumatera Barat, Payakumbuh tak ingin terus maratapi gagal panen musim kemarin. Makanya, kita terus memotivasi petani untuk terus bangkit. Malah kita bersama beberapa orang ketua kelompok tani tengah gencar-gencarnya menggalakan program Payakumbuh menanam,” ujar Riza, kepada Singgalang, Selasa (8/11).

Menurut Riza, program Payakumbuh menanam ini, dititik beratkan agar petani tidak hanya menanam padi saja. Tapi lebih memberdayakan setiap lahan yang ada dengan tanaman sayur-mayur beraneka ragam. Sehingga petani Payakumbuh mempunyai nilai tambah dan punya daya tawar yang kuat.

“Kita ingin masyarakat tidak hanya menjadi petani biasa. Tapi ingin menjadikan mereka petani elit dengan nilai tawar yang tinggi. Sehingga kesejahteraan mereka bisa tercapai,” tambahnya. (bule)