Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Utama » RUMAH SAKIT SEMEN PADANG : Ke By Pass Saja, Jangan ke Singapura

RUMAH SAKIT SEMEN PADANG : Ke By Pass Saja, Jangan ke Singapura

(270 Views) July 5, 2013 8:35 am | Published by | No comment

YOSE
wartawan muda

Satu lagi persembahan Semen Padang untuk Sumatra Barat. Semen Padang Hospital (SPH), rumah sakit berstandar internasional, mulai hari ini siap melayani masyarakat.
Kehadiran SPH dengan fasilitas lengkap dan layanan prima diharapkan bisa memenuhi tuntutan masyarakat. Tentu saja diharapkan bisa menyelamatkan devisa negara dengan mengurangi warga Indonesia berobat ke luar negeri, seperti ke Malaysia dan Singapura.
Diresmikan Jumat (5/7) ini, bertepatan dengan HUT Pengambilalihan (nasionalisasi) PT Semen Padang yang ke-55 oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. Rumah sakit ini terletak di Jalan By Pass kilometer 7, Kelurahan Pisang, Padang.
RS yang mulai dibangun 6 Juli 2009 itu telah soft opening pada 18 Maret 2013, atau bertepatan dengan HUT Pendirian Pabrik PT Semen Padang yang ke-103. Mulai tanggal tersebut, pelayanan untuk para karyawan Semen Padang dan keluarga yang selama ini di Indarung, dilayani di rumah sakit baru ini.

“Alhamdulillah, terwujudnya SPH dan bisa dioperasionalkan untuk masyarakat umum, tentu tidak terlepas dari dukungan stakeholders, yakni masyarakat lingkungan, pemerintahan kota, pemerintahan provinsi, dan seluruh unsur masyarakat lainnya,” kata Direktur Utama Semen Padang, Munadi Arifin.
Kelebihan SPH, memiliki gedung yang megah, fasilitas yang lengkap dan canggih, layanan yang prima, serta didukung fasilitas penunjang seperti area business center yang terdiri dari toko roti, supermarket, bank, ATM, toko buah, coffee shop dan food court.
Menurut Munadi, dengan fasilitas yang lengkap dan canggih, bukan berarti SPH hanya melayani masyakat yang mampu, namun SPH berkomitmen untuk memberi layanan kepada masyarakat yang kurang mampu, melalui program CSR Semen Padang.
“Yang pasti, SPH merupakan salah satu sumbangsih Semen Padang di bidang kesehatan untuk masyarakat Sumbar,” tambah Munadi
PT Semen Padang selama ini juga telah menunjukkan kepedulian yang tinggi di sektor pendidikan dengan mendirikan TK, SD, SMP, SMA dan SMK di bawah Yayasan Igasar. Semen Padang juga membangun sekolah gratis bagi anak-anak miskin di Batu Busuk, yakni SD Bustanul Ulum, yang pembiayaannya dialokasikan melalui dana CSR.
Berkiprahnya Semen Padang di sektor kesehatan, menurut Dirut, dilatarbelakangi kepedulian sosial untuk melayani masyarakat yang kesulitan mengakses pusat-pusat layanan kesehatan, dan tingginya animo masyarakat Indonesia yang memilih berobat keluar negeri, akibat belum baiknya pelayanan kesehatan di dalam negeri.
Rumah sakit terbaik
Direktur Utama Semen Padang Hospital Ronny Novianto, mengatakan, SPH menjadi Rumah Sakit terbaik di Sumatra dan bertaraf internasional. Rumah sakit didirikan dengan tujuan untuk memberikan pilihan kepada masyarakat Sumatra agar tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.
Pelayanan di Semen Padang Hospital dikelola menggunakan manajemen rumah sakit modern, dengan jam operasional yang lebih panjang. “Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan kami mengoperasionalkan UGD, radiologi, dan farmasi 24 jam serta 22 ruang poliklinik yang buka setiap hari dari jam 08.00-21.00 temasuk di hari Minggu,” kata Ronny.
SPH memiliki dokter spesialis yang lengkap dengan jumlah lebih kurang 60 dokter, terdiri dari beberapa spesialisasi dan sub spesialisasi yang berpraktik di poliklinik sesuai dengan jadwal. Pengaturan jadwal dilakukan dengan menggunakan sistem slot, sehingga waktu tunggu lebih cepat dan konsultasi antar dokter spesialis lebih mudah dilakukan.
SPH memiliki alat-alat yang lengkap dan canggih, seperti alat bedah minimal invasive, laparoscopy, untuk memenuhi kebutuhan akan tindakan pembedahan dengan luka minimal dan waktu sembuh yang lebih cepat. MRI 1,5 Tesla, CT-Scan 64 Slices, USG 4D, Digital Mammography, Treadmill, EEG 64 Channel, dan ICU dengan 5 buah ventilator.
Untuk kenyamanan pasien tersedia sebanyak 161 bed rawat inap yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas 3, kelas 2, kelas 1, Kelas VIP, dan Kelas SVIP. Semua kelas rawat inap dilengkapi dengan AC, kamar mandi dalam dan TV untuk kenyamanan pasien.
Keunggulan lain berorientasi pada pelayanan. SPH telah mengadakan pelatihan service from heart bekerja sama dengan ESQ yang diikuti oleh seluruh karyawan dan dokter spesialis.
Disambut positif
Ketua DPD RI Irman Gusman menyambut gembira kehadiran SPH yang baru dan megah. Selain megah dan lengkap fasilitas dan peralatannya, SPH diharapkan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, di Padang, mengatakan, hadirnya SPH akan menambah peluang bagi masyarakat Padang dan Sumbar untuk mengakses pelayanan kesehatan, sehingga dapat cepat dan mudah melayani masyarakat yang sakit.
“Selamat atas peresmian Semen Padang Hospital,” ucap Gubernur.
Hal senada juga disampaikan Walikota Padang Fauzi Bahar.
“Satu lagi terobosan PT Semen Padang dalam memberikan pelayanan pada pegawai dan masyarakat Sumbar,” kata Fauzi. (*)

Categorised in:

No comment for RUMAH SAKIT SEMEN PADANG : Ke By Pass Saja, Jangan ke Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>