Rutin Melumasi Pintu Mobil

 

JAKARTA – Pemilik mobil umumnya hanya melakukan perawatan pada bagian luar pintu mobil karena terkait penampilan eksterior. Namun kerja dari pintu sendiri terkadang diabaikan. Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana mengatakan, salah satu bentuk perawatan yang bisa dilakukan pada pintu adalah memberi pelumas.

“Engsel pintu perlu dilumasi secara berkala. Untuk mobil model lawas biasa cuma distempet atau hanya diolesi oleh tangan pada benda yang bergerak saat pintu dibuka dan ditutup. Untuk mobil terbaru saat ini, grease (gemuk) yang beredar di pasaran dengan model spray bisa lebih mudah penggunaannya,” ujarnya.

Indah menambahkan, pelumasan atau grease pada pintu model konvensional berfungsi untuk memperlancar benda yang bergesekan pada saat pintu dibuka dan tutup, seperti engsel pintu, frame door outside, serta kunci. Sementara untuk model mobil yang menggunakan pintu model geser (sliding door) pemilik harus lebih sering melakukan pengecekan. Ini lantaran komponen pintu geser lebih riskan terkena air.

“Perawatan pintu geser harus lebih rutin lagi. Untuk pelumasnya diperlukan grease khusus yang mempunyai kekentalan stabil saat kondisi dingin dan panas. Karena mekanisme pada pintu geser lebih riskan kena air,” tutup dia. (aci)

agregasi okezone1