Sah, Mahyeldi Duet dengan Hendri Septa!

Mahyeldi dan Hendri Septa. (*)

PADANG – Akhirnya terjawab sudah siapa yang menjadi tandem Mahyeldi Ansharullah pada Pilkada Padang 2018. DPP PKS menetapkan yang mendampingi kadernya itu adalah Hendri Septa, Ketua DPD PAN Padang.

Dengan demikian koalisi yang dibangun antara PKS dengan PAN itu telah memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan kepala daerah. PKS di DPRD Padang memiliki lima kursi dan PAN enam kursi. Sesuai UU pemilihan kepala daerah , untuk Pilkada Padang, parpol atau gabungan parpol yang bisa mengajukan pasangan calon kepala daerah adalah sembilan kursi. Gabungan PKS dan PAN, 11 kursi.

Kepastian berkoalisinya PKS dan PAN tertuang dalam Surat Keputusan DPP PKS nomor 69/SKEP.DPP-PKS/1439 tanggal 24 November 2017 tentang Calon Walikota dan/atau Wakil Walikota Padang Periode 2018 – 2023. Dalam SK yang ditandatangi Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman dan Sekjen Mustafa Kamal tersebut memutuskan Calon Walikota Mahyeldi dan Calon Wakil Walikota Hendri Septa.

Empat hari berikutnya giliran DPP PAN yang mengeluarkan SK Persetujuan Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang. Surat dengan nomor PAN/A.Kpts/KU-SJ/118/XI-2017 tanggal 28 Nopember 2017 ditandatangi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen Eddy Soeparno itu memutuskan Mahyeldi berpasangan dengan Hendri Septa.

Sekretaris DPW PAN Sumbar Taslim yang dihubungi Singgalang membenarkannya. Bahkan dipilihnya Hendri Septa sebagai pendamping incumbent Mahyeldi, tidak terlepas dari popularitas dan elektabilitas Hendri Septa yang terus meningkat.

“Hasil survei, Juli lalu, untuk posisi Cawawako, Hendri Septa teratas dan kecenderungannya meningkat. Ini adalah salah satu pertimbangan PAN memilih Hendri Septa dan PKS juga demikian,”terangnya.

Dari berbagai sumber menyebutkan Hendri Septa, punya rekam jejak bagus dan tipikalnya cocok menjadi pendamping Mahyeldi. Secara parpol, koalisi PAN dan PKS sudah aman untuk ajudan pasangan kepala daerah.

Tidak itu saja, Hendri Septa juga putra asli Lubuk Begalung yang tentu saja punya basis kuat di sana. Apalagi dibawah kepemimpinannya di Padang, PAN secara bertahap kembali kuat dan mengakar serta direspon warga kota Padang. (pepen)

Loading...
BAGIKAN