Sarapan Cokelat Hitam Bantu Cerdaskan Otak

Coklat (net)
Coklat (net)

MENGONSUMSI cokelat di pagi hari mungkin terdengar aneh. Tinggi gula dan rendah kalori biasanya kandungan gizi yang ada di cokelat pasaran. Tapi, sebuah studi menjabarkan bahwa mengonsumsi cokelat di pagi hari ternyata bermanfaat bagi fungsi otak. Khususnya cokelat hitam.

Ahli makanan Liz Moskow mengatakan kepada Food Business bahwa adanya hubungan antara mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam pada pagi hari dengan memori dan fokus.

“Hasil dari penelitian yang baru saja diterbitkan oleh Syracuse University kembali menunjukkan beberapa keuntungan dari (mengonsumsi) dark chocolate, terutama bagi fungsi kognitif — penalaran abstrak, memori, atau fokus,” tutur Moskow dikutip dari Independent, Jumat (17/11/2017).

Salah satu faktor penjelasnya adalah coeklat diyakini mampu membuat diri Anda siap mengahadapi pekerjaan atau aktivitas hari ini. Dengan begitu, ternyata tidak ada salahnya untuk menyelipkan menu cokelat hitam di samping sandwich dan susu favorit Anda.

Sebuah studi dari Tel Aviv University juga mengungkapkan bahwa memakan dessert (pencuci mulut) sebagai menu sarapan dapat membantu mengurangi berat badan.

Saat penelitian berlangsung, hampir 200 orang dewasa obesitas non-diabetes secara acak mendaftarkan diri untuk memilih satu dari dua diet yang memiliki jumlah kalori yang sama namun komposisi yang berbeda pada sarapannya.

Kedua kelompok tersebut berhasil menghilangkan rata-rata 15 kg per orang selama empat bulan. Namun, mereka yang memakan sarapan sebanyak 600 kalori, termasuk dessert di dalamnya, berhasil mempertahankan bobot mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa dessert merupakan kudapan penting untuk mengawali hari bagi seseorang yang ingin mengontrol asupan kalori mereka sepanjang hari.

“Dengan menggabungkan kedua studi tersebut dan memungkinan pencuci mulut sebagai menu sarapan, kami memprediksi bahwa sarapan mungkin akan menargetkan orang-orang yang (lebih tertarik dengan) brunch– breakfast-lunch, sarapan di jam makan siang — untuk memakan kue cokelat atau menggabungkan menu dessert yang “berat (mengenyangkan),” tambah Moskow.

So, jangan ragu untuk makan cokelat di pagi hari, ya. Tapi, untuk beberapa orang yang mungkin memiliki kadar gula tubuh yang tinggi, membatasi asupan dessert juga penting supaya kondisi tubuh tetap fit. (aci)

agregasi okezone1