Satgas TMMD ke-97 Bangun Tugu

Satgas TMMD membangun tugu TMMD 97 di Batang Kapas. (*)
Satgas TMMD membangun tugu TMMD 97 di Batang Kapas. (*)

PAINAN – Pelaksanaan TMMD ke 97 di Kampung Tanjung Kandis , Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas hampir selesai .

Sebagai tanda kegiatan tersebut pernah ada di sana, para prajurit itu pun membangun sebuah tugu yang diberi tulisan TMMD 97 Kodim 0311 Pesisir Selatan.

Tak terasa sudah hampir satu bulan ratusan satgas TMMD tinggal dan membaur bersama warga Kampung Tanjung Kandis yang berada di ujung pelosok perbukitan itu.

Kedekatan, kebersamaan, keakraban serta jembatan hati antara tentara dengan rakyat biasa sudah terjalin erat dan menguat.

Sebab, selama mereka tinggal di rumah orang tua asuh tersebut, apa yang dimakan, diminum dan segala bentuk fasilitas yang dimiliki juga dinikmati oleh pembela dan pejuang kedaulatan NKRI itu. Bahkan jatah uang lauk pauk personel TNI juga diserahkan kepada pemilik rumah.

Teti, (38) salah seorang warga yang pernah mengundang Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Inf Setiya Asmara untuk menikmati makan malam bersama di rumahnya mengatakan sangat canggung sekali bila tentara gagah berani tersebut meninggalkan kampung kecilnya.

“Cangguang, awak rasonyo pak bilo tentara nan gagah ko pai dari kampung kami,” ucap Teti, Rabu (12/10).

Ia menuturkan suasana kampungnya akan terasa berbeda antara sebelum dan sesudah satgas TMMD masuk ke sana.

Bahkan katanya akan terasa sepi dan sunyi lagi jika 150 personel TNI itu pergi pada 19 oktober mendatang.

Meskipun nanti, ia merasakan kesepian namun Teti tetap bersyukur dan berterimakasih kepada para pria berbaju loreng tersebut.

“Berkat TMMD inilah kampung kami berubah menjadi lebih baik,” tukasnya.

Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Inf Setiya Asmara, mengatakan selama personel TNI tinggal di kampung itu, alhamdulillah kesan kesan positif dan bermenfaat selalu di transfer kepada masayarakat.

Bahkan sebagian anak anak kecil ada yang tertarik untuk menjadi tentara. Semua itu terjadi berkat prajurit begitu akrab dan dekat bersama warga. Tanpa terkecuali , baik anak anak, orang dewasa, dan orang tua sekalipun.

“Kami pun berharap kehadiran tentara dalam program TMMD ke 97 semoga menjadi berkah dan keberuntungan,” tuturnya. (niko)