Sebaiknya Tak Konsumsi Apel dengan Kulitnya, Ini Alasannya

Ilustrasi (prevention)
Ilustrasi (prevention)

MENGONSUMSI buah dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh. Tapi, ada beberapa hal lain yang kemudian harus Anda perhatikan agar manfaat dari buah bisa dirasakan dengan maksimal.

Bicara mengenai hal yang perlu diperhatikan, penentuan buah yang baik untuk tubuh dan sesuai dengan kondisi tubuh adalah salah satu yang penting. Kemudian, yang harus diperhatikan lainnya adalah cara mengonsumsi buah itu sendiri.

Dipaparkan Ahli Gizi Prof. Dr. Ahmad Sulaeman, PhD, mengonsumsi apel itu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, ada yang harus diingat sebelum mengonsumsinya.

“Yang harus Anda ingat adalah jangan makan apel beserta kulitnya, bahaya!” tegas Prof. Ahmad.

Dilansir okezone, Rabu (18/10), ada beberapa alasan kenapa akhirnya Prof. Ahmad tidak merekomendasikan Anda mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya.

Yang harus diketahui, terang ahli gizi yang juga merupakan guru besar di Fakultas Ilmu Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), buah apel yang Anda konsumsi tidak ada yang bisa menjamin kebersihannya. Baik dari kuman bakteri maupun zat kimia dari pestisida.

Apalagi Anda yang mengonsumsi apel impor. “Faktanya, semua apel impor itu ditambahkan lilin di permukaan buahnya. Itu dikerjakan dengan maksud agar buah tidak mudah busuk karena teroksidasi,” papar Prof. Ahmad.

Kemudian, yang harus diingat adalah buah-buahan itu banyak yang menggunakan pestisida saat pertumbuhan. Nah, kalau pestisida terkandung di dalam buah, tentunya akan membawa dampak buruk ke kesehatan tubuh.

“Saya bisa merekomendasikan Anda untuk makan apel bersama dengan kulitnya, asal Anda bisa jamin apel yang bakal Anda makan itu dipanen secara organik. Yang mana, tidak ada zat kimia sama sekali yang ada di dalam buah,” ungkapnya.

Sementara itu, agar hasilnya maksimal, setelah buah Anda kupas, Prof. Ahmad menyarankan untuk mencucinya dengan air bersih. Itu dilakukan untuk meminimalisir bakteri Salmonella yang bisa saja terkandung buah tersebut karena paparan pestisida ataupun jatuh ke tanah saat pemanenan. (aci)

agregasi okezone1