Seekor Tapir Terjebak dalam Kolam Ikan Warga Padang Pariaman

Seekor  tapir terjebak di  kolam ikan warga. (tomi)
Seekor tapir terjebak di kolam ikan warga. (tomi)

PARIK MALINTANG –  Seekor Tapir ditemukan terjebak dalam kolam ikan dekat pemukiman warga di Nagari Balah Aia Utara, Kec. VII Koto Sungai Sariak, Padang Pariaman, Minggu sore (27/8).

Sampai Minggu malam, hewan dilindungi tersebut belum bisa dievakuasi. Warga takut melakukan evakuasi, karena takut diserang. Warga masih menunggu petugas BKSDA.

Anasril (50) warga nagari setempat menyebutkan, sebelum ditemukan terjebak dalam kolam ikan, Tapir tersebut sempat terlihat oleh seorang petani melintas di areal persawahan.

Kehadiran hewan yang biasa hidup di hutan belantara itu, membuat buncah warga. Warga bingung dari mana hewan itu berasal. Sebab, Nagari Balah Aia Utara sendiri jauh dari hutan.

Berbagai spekulasipun berkembang di tengah masyarakat. Bahkan ada warga yang menyangkutpautkan terjebaknya Tapir berkaitan dengan hal-hal mistis. Tapir disebut hewan jadi-jadian.

“Karena selama ini tak pernah sekalipun Tapir masuk kampung, warga berspekulasi itu hewan jadi-jadian. Ada pula yang percaya kalau Tapir itu dibunuh, akan ada bala di kampung,” kata Anasril.

Setelah hampir enam jam terjebak dalam kolam, kondisi Tapir mulai lemah. Terdapat luka robek di bagian punggung. Warga berharap tim BKSDA cepat mengevakuasi hewan dilindungi tersebut. (tomi)