Selayo dan Kotobaru Kembali Dilanda Banjir

Kondisi banjir di Kabupaten Solok. (rusmel)
Kondisi banjir di Kabupaten Solok. (rusmel)

AROSUKA – Dua nagari, Selayo dan Kotobaru, Kecamatan Kubung, kabupaten Solok, berikut sebagian kawasan di Kota Solok kembali direndam banjir. Hujan deras yang turun sepanjang Senin hingga Selasa pagi (28/3), memicu meluapnya aliran Batang Lembang yang mengular di sepanjang kawasan itu.

Dari pantauan Singgalang di lokasi-lokasi rawan banjir, memperlihatkan ketidakmampuan aliran Batang Lemnamg menampung volume air yang terus bertambah akobat intensitas hujan yang tinggi.

“Tinggi air bervariasi, antara satu meter hingga selutut orang dewasa,” ungkap Rahmat, warga Koto Baru Kecamatan Kubung. Akibatnya, puluhan fasilitas umum, seperti sekolah, mushalla dan dan ruas jalan rusak karena kikisan arus air. Ratusan rumah yang selama ini berada di kawasan langganan banjir,  tak ayal digenangi air setinggi lutut orang dewasa,” kata Riki, warga Selayo yang berjaga-jaga di kawasan tersebut.

Hal serupa juga terjadi di kawasan Rawang Sari dan Kalampayan jorong Galanggang Tangah Selayo. Sejumlah rumah selain dikepung banjir, sebagian di antara warga tidak bisa menyelematkan alat rumah tangga mereka dari sentuhan air yang masuk ke kediaman mereka. (rusmel)