Seluruh Berkas Tiga Pasang Bakal Paslon tak Lengkap

KPU  (net)
KPU (net)

PAYAKUMBUH – Setelah melakukan verifikasi, KPU Payakumbuh menemukan berkas pencalonan yang diserahkan oleh seluruh bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota, belum memenuhi syarat. Karenanya, KPU memberi waktu untuk perbaikan sampai Selasa depan (4/10).

Bila perbaikan tidak dilakukan, ketiga pasang bakal calon itu terancam gugur atau tak bisa ikut sebagai kontestan dalam Pilkada serentak 2017. “Kami sudah melakukan verifikasi administrasi, terhadap seluruh dokumen yang diserahkan oleh balon wali kota dan wakil wali kota,” tutur Yuzalmon, Komisioner Divisi Sosialisasi KPU.

Tidak itu saja, menurut dia, dokumen yang diserahkan pengurus partai politik atau gabungan partai politik pengusung bakal calon. Berdasarkan hasil verifikasi, dapat dipastikan, belum ada pasangan balon yang dokumen pencalonannya memenuhi persyaratan.

Karena itu pula, Yuzalmon memastikan, ketiga pasang bakal calon yang sudah terdaftar di KPU, yakni pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi (WenDi), Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri (W-Fi), dan Riza Falepi-Erwin Yunas (F-Win), belum aman.

Terkait hasil tes kesehatan yang dilakukan di RSUP M Djamil Padang, Senin lalu (26/9), KPU Payakumbuh memastikan, seluruh bakal pasangan calon lolos dalam tes tersebut. “Kesehatan tak masalah. Psikologis tak masalah. Tes narkoba, urine dan rambut itu negatif. Dengan demikian, untuk tes kesehatan, seluruh bakal pasangan calon lolos,” pungkasnya. (bayu)