Sempat Dilaporkan Hilang, Enam Pendaki Gunung Tandikek Ditemukan

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

BATUSANGKAR – Enam orang yang melakukan pendakian ke Gunung Tandikek sejak malam Minggu (6/11), dilaporkan hilang. Pendaki itu terdiri dari lima orang pemuda asal Bukittinggi dan seorang pemandu asal Jorong Sikadunduang, Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto.

“Setelah mendapat kabar adanya orang tersesat di Gunung Tandikek atau Gunung Singgalang, kita langsung berkoordinasi dengan instansi terkait dan relawan kebencanaan,” kata Kepala BPBD Tanah Datar Mukhlis, menjawab Singgalang, Senin (11/7), di posko lapangan itu.

Mukhlis menjelaskan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan BPBD Sumbar dan Basarnas Padang untuk perencanaan dan proses pencarian. Malam itu juga, tegasnya, tim langsung mencari para korban dan mendampingi pihak keluarga yang ingin pencarian tetap dilakukan, menyisir kawasan-kawasan yang diperkirakan para korban terjebak atau tak bisa melanjutkan perjalanan.

“Keenam korban berhasil ditemukan di lokasi yang tidak terlalu jauh dari titik mereka bertolak melakukan pendakian, sekira pukul 11.00 WIB, Senin (7/11),” jelas Mukhlis.

Para korban bernama An, Iwan, Andri, Agus Melaz, dan Romi Saputra, serta Katik Is warga Sikadundang dan berperan sebagai pemandu, dievakuasi ke pusat kesehatan Polres Padang Panjang. (mus)