Toko Taki
Menu Click to open Menus
Home » Utama » September SBY Datang ke Padang

September SBY Datang ke Padang

(42 Views) March 23, 2013 9:44 am | Published by | No comment

PADANG – Jika tidak halangan, Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono direncanakan ke Padang September mendatang, pada pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke XV tahun 2013.

TIDAK LAYAK

Kehadiran SBY, juga direncanakan untuk meresmikan sejumlah proyek nasional di Sumbar.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar, Suhermanto Raza mengatakan persiapan pelaksanaan Sumbar, sebagai tuan rumah TTG ke XV itu sudah disampaikan dalam pertemuan di Jakarta, Kamis (21/3). Pertemuan tersebut dihadiri Dirjen Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Kemendagri.
“Rencananya Gelar TTG Nasional ke XV di Sumbar akan dipusatkan di GOR Agus Salim. Presiden RI diagendakan akan membuka kegiatan tersebut sekaligus meresmikan sejumlah proyek strategis lainnya di Sumbar,” kata Suhermanto, didampingi Kabid SDA dan TTG Zukirwan Chan, Jumat (22/3).
Dikatakannya, TTG itu diikuti sekitar 6.000 peserta dari 33 provinsi di Indonesia. Mereka akan berlomba dan unjuk kebolehan dalam melakukan inovasi teknologi sederhana. Teknologi tersebut sangat berguna bagi masyarakat untuk mempermudah pekerjaannya.
Di samping itu, juga digelar lomba Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).
Peserta TTG Nasional merupakan para pemenang lomba inovasi TTG tingkat provinsi. Untuk Sumbar, lomba inovasi TTG digelar April mendatang dengan peserta pemenang lomba tingkat kabupaten/kota.
TTG merupakan semacam peralatan yang dimanfaatkan masyarakat, yang mampu dibuat dan dibiayai masyarakat itu sendiri. Harga pembuatannya pun relatif murah dan alat itu mampu meningkatkan produksi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sedangkan Posyantek, adalah sebuah lembaga yang dibuat oleh masyarakat melibatkan para pemerhati teknologi tepat guna. Mereka bertugas melakukan pemetaan kebutuhan peralatan sederhana dan tepat guna untuk membantu masyarakat dalam bekerja.
“Pada TTG tahun 2012 lalu, Sumbar berhasil menyabet prediket terbaik pelaksanaan Posyantek. Sedangkan inovasi TTG yang diunggulkan adalah teknologi pengeringan cokelat. Tahun ini, target kita meningkat dari tahun lalu. Bila tidak tercapai, minimal sama dengan prestasi yang diraih tahun lalu,” sebut Sehermanto.
Menurutnya, kehadiran Posyantek ini sangat membantu masyarakat di nagari. Setiap kecamatan mestinya memiliki Posyantek. Pemerintah pun, baik di pusat maupun di provinsi mengucurkan dana bantuan stimulan untuk kegiatan ini melalui SKPD terkait. Namun belum seluruh kecamatan memiliki Posyantek.
Pihaknya pun berharap, seluruh bupati/walikota di Sumbar dapat membentuk Posyantek di setiap kecamatan di wilayahnya.
Berkaca dari prestasi yang diraih tahun lalu, respon kepala daerah cukup tinggi terhadap Posyantek ini. Bahkan Bupati Dharmasraya, Bupati Agam dan Bupati Solok langsung mengeluarkan SK pembentukan Posyantek di setiap kecamatan.
“Sejumlah kepala daerah sudah meresponnya dengan mengeluarkan SK
Pembentukan Posyantek di Kecamatan. Tapi kalau bicara hasilnya, tentu butuh proses. Sebagai perbandingan, kita bisa lihat perkembangan TTG provinsi lain saat ajang Gelar TTG mendatang,” jelasnya. (107)

Categorised in:

No comment for September SBY Datang ke Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>