Sering Sakit Gigi Berisiko Tiga Kali Lipat Derita Sakit Jantung

 

Ilustrasi. (okezone)
Ilustrasi. (okezone)

JANGAN abaikan jika Anda sering mengalami sakit gigi. Karena, infeksi gigi membuat Anda berisiko tiga kali lipat lebih besar menderita penyakit jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang mengalami infeksi gigi dan penyakit gusi tanpa diobati, tiga kali lebih berisiko untuk menderita penyakit jantung.

Meskipun hubungan antara kesehatan gigi dan gusi dengan penyakit jantung sudah diketahui, studi ini mengatakan, risikonya jauh lebih besar dari penelitian sebelumnya. Para peneliti dari University of Helsinki di Finlandia memantau kesehatan jantung dari 508 pasien dengan usia rata-rata 62 tahun.

Sebanyak 169 pasien memiliki masalah jantung akut, dan para peneliti menemukan korelasi langsung hal tersebut dengan sakit gigi dan gusi yang tidak diobati. Pasien yang memiliki kesehatan mulut baik jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki masalah jantung.

Tetapi, infeksi gigi yang tidak diobati memiliki risiko 2,7 kali lebih besar terkena penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung. Sebuah infeksi akar biasanya bermanifestasi sebagai abses. Tapi, kadang-kadang infeksi gigi dan gusi tidak memiliki gejala yang jelas.

Sementara itu, infeksi gigi dan gusi juga berkaitan dengan penyakit diabetes, Alzheimer dan masalah kehamilan. Karena itu, Oral Health Foundation menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Dikutip dari Whatdoctorsdonttellyou, Kamis (29/9/2016). (lek)

agregasi okezone1