Shalat Id di Halaman Kantor Gubernur, Khatib Rektor IAIN

PADANG – Pelaksanaan penyelenggaraan Shalat Idul Adha 1437 H tahun ini akan dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Sumbar. Pemerintah telah mentapkan Idul Adha jatuh pada 12 September 2016.

Wakil Gubernur Nasrul Abit mengatakan, pelaksanaan penyelenggaraan shalat Idul Adha merupakan tanggungjawab PHBI Sumbar. “Kita telah meminta kesiapan penyelenggaraan Idul Adha panitia hari besar Islam (PHBI) Sumbar untuk bekerja sama dengan biro umum, agar masalah sound system ini tidak menjadi kekurangan yang terulang,”tegasnya.

Bertindak sebagai khatib shalat Idul Adha yang telah disusun Biro Binsos adalah Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, Dr. Eka Putra Wirman dan sebagai Imam, Bakri.

Untuk lokasi, panitia menyediakan dua lokasi. Pertama jika cuaca baik maka shalat akan dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sumbar. Sementara jika hari hujan, maka shalat akan dialihkan ke Masjid Raya Sumbar. Karena bagian atas Masjid Raya saat ini masih dalam pengerjaan. Diperkirakan akan menampung 2.000-3.000 orang.

“Khusus persoalan keamanan parkir disekitar kantor gubernur agar dilakukan oleh Satpol PP, yang juga berkerjasama dengan pihak kepolisian. Kita juga berharap halaman kantor yang ada di sekitar kantor gubernur agar dapat dibuka pada pelaksanaan Sholat Idiul Adha tersebut untuk tempat parkir. Karena semua itu panitia akan menyiapkan surat resmi dari panitia penyelenggaraan terhadap hal tersebut ke kantor–kantor yang ada disekitar kantor gubernur,”terangnya.

Nasrul juga mengajak, semua panitia terutama pihak PHBI agar menyiapkan segala sesuatu dengan baik. Kemudian pihak BPBD juga hendaknya menyiapkan mobil air, untuk bewrudhu di lokasi-lokasi yang startegis.

“Kita harapkan cek dahulu , mickrofon nya, listrik, speker dan peralatan lain-lain yang mendukung penyelenggaraan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, selamat berkerja dan berkoordinasi dilapangan,”tegasnya. (yose)