Shalat Id di Masjid Raya Sumbar

Masjid Raya Sumbar  (net)
Masjid Raya Sumbar (net)

PADANG – Pelaksanaan Shalat Id akan diselenggarakan di halaman Masjid Raya Sumbar, Jalan Khatib Sulaiman Padang.

Menurut Kepala Biro Bina Sosial (Binsos) Sumbar, Syahril B, dipilihnya halaman masjid kebanggan masyarakat Minang ini karena menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo, yang direncakan Lebaran di Padang.

“Awalnya shalat Id akan diselenggarakan di halaman kantor gubernur. Sama seperti Lebaran tahun tahun sebelumnya. Tapi karena berbagai pertimbangan, atas rencana Bapak Presiden yang Lebaran di Padang, maka pelaksanaan shalat Id dipindahkan ke halaman Masjid Raya,” kata Syahril B, pada Singgalang, Jumat (24/6).

Pemindahan lokasi shalat guna mengantisipasi cuaca yang tidak menentu.

“Jika hujan maka Shalat Id, bisa dipindahkan ke dalam masjid. Kalau shalat di halaman kantor gubernur, akan sulit bagi kami memindahkan jemaah,” terang Syahril.

Saat ini, terang dia, pemerintah provinsi terus mempercantik bangunan Masjid Raya Sumbar. Misalnya memoles bagian luar bangunan, hingga finishing lantai I.

Sementara, untuk halaman masjid yang akan digunakan sebagai tempat shalat, saat ini sedang proses penimbunan dan pendataran. Sebab posisi pelaksanaan shalat di halaman masjid, berada di depan Kantor Telkom Padang. Sedangkan halaman arah Kantor Bapedda, akan digunakan sebagai lokasi parkir terbatas.

Sedangkan areal parkir bagi jemaah, direncanakan di sejumlah kantor instansi terdekat dari Masjid Raya seperti, kantor Bapedda, dinas sosial dan lain sebagainya.

“Khatib nantinya adalah DR. Urwatul Wusqa dosen IAIN Imam Bonjol Padang. Sedangkan imam shalat Id nantinya Ustad Indra Hadi,” terang Syahril.

Proses Shalat Id di Masjid Raya akan dimulai pada pukul 7.15, karena itu masyarakat diajak untuk datang sebelum waktu tersebut. Sebab shalat Id akan berlangsung sekitar pukul 7.30. (yuke)

Loading...