Siaga Lebaran, Polda Sumbar Terjunkan 4.000 Personel

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – Koordinasi Pemprov Sumbar dengan Polda Sumbar dalam pengamanan lalulintas lebaran dimatangkan. Pemerintah pastikan semua ruas jalan layak untuk dilewati, namun harus hati-hati di beberapa titik.

Selain menyiagakan alat berat, pemerintah juga menugaskan sebanya 4.000 personel Kepolisian untuk siaga menjaga ketertiban selama lebaran. Titik rawan macet dan rawan longsor menjadi persoalan yang harus ditangani dan diantispasi oleh instansi terkait. Personel yang ditugaskan akan mulai bergerak dari sekarang hingga H+7 lebaran.
“Seluruh personel itu akan ditempatkan di 150 titik pos pengamanan (pospam) yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar,” sebut Kapolda Sumbar Irjen Pol Fachrizal usai Apel Gelar Pasukan Ramadniya di Lapangan Imam Bonjol, Senin, (19/6).
Beberapa daerah rawan macet di Sumbar menjadi fokus pengamanan yakni jalur Padang-Bukittinggi, Solok-Solok Selatan. Selain itu jalur yang menghubungkan dengan provinsi tetangga juga diamankan agar tidak terjadi kemacetan berjam-jam. Seperti jalur Limapuluh Kota-Pekanbaru, Pasaman Barat-Mandailing Natal Sumatera Utara, Dharmasraya-Jambi. (yose)